EFEKTIVITAS PELATIHAN MOTIVASI BERPRESTASI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU PROKRASTINASI PADA REMAJA DI DAERAH PESISIR SURABAYA

Jennifer Olivia Lapod, Arnelita Natalie Antonio, Clara Hosana Yessica Jelita Dewi, Inggrid Devyana Chandra, Putri Ayu P. W, Livia Yuliawati, Ersa Lanang Sajaya

Abstract


Remaja bersekolah, terutama yang berada di daerah pesisir kota, menghadapi berbagai tekanan, persoalan dan tuntutan lingkungan, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan prokrastinasi akademik. Tekanan yang terjadi adalah fase storm dan stres akibat perubahan sosial, fisik, dan emosional. Apabila tidak bisa menghadapi fase tersebut secara konstruktif, remaja akan mengalami masalah proses belajar, seperti kurang baik dalam manajemen waktu. Prokrastinasi yang berkelanjutan dapat menyebabkan penurunan performa akademik dan meningkatkan kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah diberi pelatihan motivasi berprestasi pada remaja di daerah pesisir Surabaya. Metode yang digunakan yaitu quasi-experiment (one-group pre-test-post-test design) dengan teknik purposive sampling. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini merupakan remaja berjumlah 9 orang yang berusia antara 12-17 tahun di bawah naungan komunitas X dan tinggal di pesisir Surabaya. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah General Procrastination Scale. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan terhadap tingkat prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah diberi pelatihan motivasi berprestasi dengan hasil p = 0,542 (p > 0,05). Minimnya efek dari pelatihan terjadi karena beberapa peserta tidak mengikuti pertemuan penuh, kurangnya partisipasi aktif peserta selama pelatihan berlangsung, durasi dan jumlah pelatihan terlalu singkat, serta terdapat faktor lain turut menjadi penyebab prokrastinasi. Hal ini perlu diperhatikan peneliti selanjutnya untuk membuat pelatihan dengan lebih memperhatikan kehadiran dan partisipasi aktif peserta, menambah durasi dan jumlah pelatihan, serta meninjau faktor lain selain motivasi berprestasi.


Save to Mendeley


Keywords


prokrastinasi akademik, pelatihan motivasi berprestasi, remaja pesisir Surabaya

Full Text:

PDF

References


Affandi, G. R., & Hastjarjo, T. D. (2010). Pengaruh tipe penentuan tujuan (goal setting) terhadap performansi bahasa inggris siswa: dengan efikasi diri dan kemampuan awal bahasa inggris sebagai kovariabel. Jurnal Psikologi Tabularasa, 5(2), 277-288.

Azwar, S. (1992). Validitas dan reliabilitas. Sigma Alpha.

Candra, U., Wibowo, M. E., & Setyowani, N. (2014). Faktor-faktor penyebab prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(3), 66-72.

Devi, A. P. C. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan waktu belajar siswa di luar jam pelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 23-34.

El, M. J. T. (2013). Hubungan antara self esteem dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2010 fakultas psikologi Universitas Surabaya. Calyptra, 2(1), 1-17.

Fatimah, S. N., & Sano, A. (2021). Perilaku proaktif siswa dalam belajar di sma. Jurnal Neo Konseling, 3(1), 49-54.

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McGown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. Plenum Press.

Gozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanifah, F., & Rusmawati, D. (2019). Pengaruh pelatihan self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik pada siswa Smp Negeri 33 Semarang. Jurnal Empati, 8(2), 124-130.

Hasanagic, A., & Ozsagir, C. B. (2018). The validity exploration of general procrastination scale (Lay, 1986). Journal of Transdisciplinary Studies, 11(1), 55-74.

Helmi, A. F. (1995). Konsep dan teknik pengenalan diri. Buletin Psikologi, 3(2), 13-19.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2014). Riset kominfo dan unicef mengenai perilaku anak dan remaja dalam menggunakan internet. Diunduh dari https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no-17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anak-dan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers

Khan, H. U., Khattak, A. M., Mahsud, I. U., Munir, A., Ali, S., Khan, M. H., ... & Shah, S. H. (2003). Impact of class attendance upon examination results of students in basic medical sciences. Journal of Ayub Medical College Abbottabad, 15(2), 1-4.

Khoiri, M. H., Suryanto, & Suroso. (2021). Model prokrastinasi akademik siswa smp. In Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2021 PD ABKIN Jatim & Unipa Surabaya (pp. 147-152).

Lutfianawati, D., Nugraha, R. S. P., & SyifaĆ¢, R. (2013). Pengaruh pelatihan goal setting terhadap motivasi belajar bahasa inggris siswa. Jurnal Intervensi Psikologi, 5(2), 275-288.

Nafeesa. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota organisasi siswa intra sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 4(1), 53-67.

Saman, A. (2017). Analisis prokrastinasi akademik mahasiswa (studi pada mahasiswa jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan fakultas ilmu pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 3(2), 55-62.

Sandra, K. I., & Djalali, M. A. A. (2013). Manajemen Waktu, efikasi-diri Dan Prokrastinasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 217-222.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak (13th ed.). Erlangga.

Santrock, J. W. (2012). Life span development. McGraw-Hill.

Saputro, K. Z. (2017). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 17(1), 25-32.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503-509.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: a meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65-94.

Syahrin, M. A., Yendi, F. M., & Taufik, T. (2019). Penerapan layanan penguasaan konten untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Indonesian Journal of School Counseling, 4(2), 69-75.

Tanadi, M., Hartini, S., & Putra, A. I. D. (2020). Motivasi berprestasi ditinjau dari konsep diri pada siswa/siswi methodist 5 Medan. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(1), 17-27.

Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 142-149).

Yuhenita, N. N. (2015). Pelatihan motivasi berprestasi untuk menurunkan kecenderungan prokrastinasi akademik mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Muhammadiyah Magelang. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 51-62.




DOI: https://doi.org/10.33508/exp.v11i1.3973