HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN SOCIAL LOAFING PADA MAHASISWA DALAM TUGAS KELOMPOK SELAMA PERKULIAHAN DARING

Allison Carol Karana, Dita Lavienda, Margaretha Eka Gayatri Maheswari, Elizabeth Rani, Melani Dian Prasetya, Detricia Tedjawidjadja

Abstract


Selama pandemi Covid-19 proses pembelajaran mengalami perubahan dikarenakan kebijakan pemerintah yang awalnya dilakukan secara tatap muka menjadi daring. Perubahan pembelajaran tersebut mengakibatkan penurunan tingkat motivasi berprestasi mahasiswa dan berpotensi memunculkan perilaku social loafing. Social loafing adalah fenomena terjadinya penurunan dalam usaha yang dikeluarkan oleh individu saat mengerjakan tugas kelompok untuk mencapai tujuan kelompok dibandingkan saat mengerjakan tugas individu yang bertujuan untuk mencapai tujuan pribadi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi berprestasi dengan social loafing pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini berbentuk kuantitatif studi hubungan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 169 responden yang merupakan mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angkatan 2018-2021 dan mengikuti perkuliahan secara daring. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan skala social loafing milik Kusuma (2015) dan motivasi berprestasi milik Pratiwi (2016). Data dianalisis menggunakan Uji Non-Parametrik Kendall’s Tau-B, dengan hasil nilai korelasi sebesar -0,306 dan nilai p= 0,000, yang memiliki makna adanya hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan social loafing pada mahasiswa selama perkuliahan daring dengan arah hubungan negatif. Artinya, semakin tinggi tingkat motivasi berprestasi maka semakin rendah tingkat social loafing. Demikian pula sebaliknya. Hasil penelitian ini memberikan implikasi atas pentingnya meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa agar dapat menurunkan perilaku social loafing.

Save to Mendeley


Keywords


Motivasi Berprestasi, Social Loafing, Pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Bestari Mp, D. R. A., Oktari, S., & Purna, R. S. (2022). Perilaku social loafing mahasiswa dalam mengerjakan tugas kelompok melalui sistem daring. Jurnal Psikologi Tabularasa, 17(1), 1-10.

Eliana, R., & Novliadi, F. (2020). Motivation and Social Loafing Tendency as Determinant of Academic Achievement. Scite Press. 7, 1720–1723. https://doi.org/10.5220/0010096517201723

Fitriana, H., & Saloom, G. (2018). Prediktor Social Loafing dalam Konteks Pengerjaan Tugas Kelompok pada Mahasiswa. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 3(1), 13. https://doi.org/10.20473/jpkm.v3i12018.13-22

George, J. M. (2018). Extrinsic and Intrinsic Origins of Perceived Social Loafing in Organizations. Academy of Management Journal, 35(1), 191–202. https://doi.org/10.5465/256478

Gupta, N. K., Banerjee, K., Uppal, S., Ganguly, G., John, M., & Srivastava, S. (2014). Basics in Education. National Council of Educational Research and Training.

Hasibuan, MS & Simarmata, Janner & Sudirman, Acai. (2019). ELearning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan peneliti Menulis.

Kemdikbud. (2020). Protokol kesehatan ketat untuk sekolah tatap muka di zona hijau dan kuning.

Kusuma, P. J. (2015). Hubungan antara harga diri dengan pemalasan sosial pada mahasiswa. Naskah Publikasi, 11.

Maryam, S. (2013). Potret kesejahteraan psikologis (psychological well being) warian anggota IWAMA (Ikatan Waria Malang). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Myers, D. G. (2010). Social Psychology, (10 Ed.). In McGraw-Hill.

Narotama, I. B. I., & Rustika, I. M. (2019). Peran harga diri dan efikasi diri terhadap social loafing pada mahasiswa preklinik program studi sarjana kedokteran dan profesi dokter fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 1281-1292.

Paksi, E. W. H., Okfrima, R., & Mariana, R. (2020). Hubungan Antara Kohesivitas Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kemalasan Sosial (Social Loafing) Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. Psyche 165 Journal, 13(1), 53–59. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i1.45

Pallant, J. (2016). SPSS Survival Manual, 6th edition, 2016. Open University Press.

Pratiwi, L. I. (2016). Motivasi Berprestasi Dan Peran Orangtua Pada Siswa SMP Yang Mengalami Perceraian Orangtua Di Surabaya. In Skripsi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Putra, J. A., & Pratama, M. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Social Loafing Pada Mahasiswa. Jurnal Riset Psikologi.

Ramadhani, D. (2021). Hubungan Antara Adversity Quotient Dan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Yang Mengikuti Spp-Sks Di Smpn 1 Sedati Sidoarjo. EXPERIENTIA : Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 88–94. http://journal.wima.ac.id/index.php/EXPERIENTIA/article/view/2844/0

Sfeatcu, R., Cernuşcǎ-Miţariu, M., Ionescu, C., Roman, M., Cernuşcǎ-Miţariu, S., Coldea, L., Bota, G., & Burcea, C. C. (2014). The concept of

wellbeing in relation to health and quality of life. European Journal of Science and Theology, 10(4), 123–128.




DOI: https://doi.org/10.33508/exp.v11i1.4307