Academic Burnout dan Self-Regulated Learning pada Mahasiswa yang Bekerja di Masa Pandemi Covid-19

Andrey Akira Adityaputra, Ermida Simanjuntak

Abstract


Abstrak- Mahasiswa yang bekerja akan rentan mengalami kelelahan berlebih baik dari segi fisik dan juga emosional. Kelelahan berlebih dari segi fisik dan emosional pada perkuliahan berhubungan dengan konsep academic burnout. Academic burnout ditandai dengan rasa lelah yang muncul karena beban pembelajaran, pandangan sinis pada tugas-tugas kewajiban perkuliahan dan juga adanya rasa kurang kompeten yang dirasakan oleh mahasiswa. Salah satu cara agar mahasiswa dapat mengurangi tingkat academic burnout yang dimilikinya akibat bekerja adalah melakukan pengaturan diri untuk belajar yang disebut sebagai self-regulated learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan self-regulated learning dan academic burnout pada mahasiswa yang bekerja di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa di Surabaya dengan metode incidental sampling dan terdapat sebanyak 149 responden mahasiswa yang bekerja di Surabaya. Responden dalam penelitian ini meliputi 64 mahasiswa dan 85 mahasiswi. Variabel academic burnout diukur memakai skala yang disusun oleh peneliti sendiri dengan didasari oleh aspek-aspek skala dari Salmela-Aro et al. (2009). Self-regulated learning diukur menggunakan aspek dari alat ukur Kadioǧlu et al. (2011). Uji hipotesa korelasi menunjukkan nilai r = -0.468 (p = 0.00; p < 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa self-regulated learning memiliki hubungan yang signifikan dengan academic burnout pada mahasiwa yang bekerja di masa pandemi Covid-19. Arah hubungan yang bersifat negatif menunjukkan bahwa semakin tinggi self-regulated learning yang dimiliki mahasiswa yang bekerja maka semakin rendah academic burnout yang dirasakannya. Tingkat academic burnout mahasiswa dengan jumlah terbanyak adalah kategori sedang (59.6%) sedangkan jumlah responden terbanyak pada self-regulated learning adalah self-regulated learning dengan kategori tinggi (66.2%).

 

Kata kunci: academic burnout, self-regulated learning, mahasiswa yang bekerja

 

Abstract- Students who work are prone to excessive fatigue both physically and emotionally. Physical and emotional overexertion in lectures is related to academic burnout. Academic burnout characteristics are fatigue caused by the burden of learning, a cynical attitude toward lecture assignments, and a feeling of incompetence as a student. One way that students can reduce their academic burnout due to work is to self-regulate their learning, or what is known as self-regulated learning. This study examines the relationship between self-regulated learning and academic burnout in students who work during the Covid-19 pandemic. This research was conducted on 149 students who work in Surabaya using the incidental sampling method. Respondents in this study included 64 male students and 85 female students. The academic burnout variable was measured by an academic burnout scale made by the researcher based on some aspects of the academic burnout scale by Salmela-Aro et al. (2009). Self-regulated learning was measured using aspects from the measuring instrument of Kadioǧlu et al. (2011). The results showed r = -0.468 (p = 0.00; p < 0.05), indicating a significant relationship between self-regulated learning and academic burnout in students working during the Covid-19 pandemic. The direction of the negative relationship shows that the higher the level of self-regulated learning of working students, the lower their academic burnout. The level of academic burnout students feel is mostly in the moderate category (59.6%), and the highest level of self-regulated learning is in the high category (66.2%). 

Keywords: academic burnout, self-regulated learning, working students.

Save to Mendeley


Keywords


academic burnout, self-regulated learning, mahasiswa yang bekerja

Full Text:

PDF

References


Aimah, S., & Ifadah, M. (2013). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 12(1), 21–24.

Chang, E., Lee, A., Byeon, E., & Lee, S. M. (2015). Role of motivation in the relation between perfectionism and academic burnout in Korean students. Personality and Individual Differences, 82, 221–226. https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.03.027

Christy, C., Sahrani, R., & Heng, P. H. (2020). Kemampuan Mengontrol Diri Mahasiswa Kedokteran Dalam Belajar, Pengerjaan Tugas, Dan Penggunaan Gawai. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 4(1), 204. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v4i1.7576.2020

Diar, S. D. S. (2022). Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Academic Burnout pada Mahasiswa selama Belajar Daring di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Universitas Lambung Mangkurat.

Febriani, R. D., Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. (2021). Factors Affecting Student’s Burnout In Online Learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32–38. https://doi.org/10.24036/00567kons2021

Hutama, A. W. (2015). Dilema menyeimbangkan tiga peran keluarga, kerja, kuliah (Studi kasus konflik keluarga, kerja, kuliah pada mahasiswa strata 1 dan strata 2 Universitas Islam Indonesia) [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/1523/08 naskah publikasi.pdf?sequence=19&isAllowed=y

Istia’dah, F. N. L. (2018). Komparasi Self Regulated Learning pada mahasiswa yang bekerja dan mahasiswa yang tidak bekerja. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 2(1), 6–13. https://docplayer.info/72552187-Komparasi-self-regulated-learning-pada-mahasiswa-yang-bekerja-dan-mahasiswa-yang-tidak-bekerja.html

Julika, S., & Setiyawati, D. (2019). Hubungan antara Kecerdasan Emosional, Stres Akademik, dan Kesejahteraan Subjektif pada

Mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(1), 50. https://doi.org/10.22146/gamajop.47966

Kadioǧlu, C., Uzuntiryaki, E., & Aydin, Y. Ç. (2011). Development of self-regulatory strategies scale (SRSS). Egitim ve Bilim, 36(160), 11–23.

Karunia, A. M. (2020). Imbas Corona, Lebih dari 3,5 juta Pekerja Kena PHK dan Dirumahkan. https://money.kompas.com/read/2020/08/04/163900726/imbas-corona-lebih-dari-3-5-juta-pekerja-kena-phk-dan-dirumahkan?page=all

Kurniawati, Y., Rini, A. P., & Ariyanto, E. A. (2020). Hubungan antara dukungan sosial dan status karyawan dengan strategi coping pada mahasiswa yang memiliki peran ganda. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, X(X). http://repository.untag-sby.ac.id/15569/8/JURNAL.pdf

Kurt, E., & Eskimez, Z. (2022). Examining self-regulated learning of nursing students in clinical practice: A descriptive and cross-sectional study. Nurse Education Today, 109, 105242. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.105242

Lailatul, M., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh persepsi dukungan sosial terhadap burnout akademik selama pandemi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 201–211. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/40975

Laoli, J. K., Dakhi, O., & Zagoto, M. M. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan BK pada Perkuliahan Filsafat Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4408–4414. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2863

Lusi, R. A. (2021). Penyesuaian diri mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Mediapsi, 7(1), 5–16. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.01.2

Miller, J. L. (2011). The relationship between identity development processes and psychological distress in emerging adulthood. Dissertation, 1–168.

Muna, N. R. (2013). Efektifitas Teknik Self Regulation Learning dalam Mereduksi Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Insan Cendekia Sekarkemuning Cirebon. Holistik, 14(02), 57–78.

Natalia, Setianingrum, V. D., & Zulianingsih, P. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Ekonomi dan Pendidikan melalui Tinjauan Pendekatan Environmental Justice. Jurnalistik Milenial. http://himasylva.fp.unila.ac.id/?p=175

Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-Efficacy dan Burnout Akademik pada Mahasiswa yang Bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.30653/001.201932.93

Pamungkas, H., & Prakoso, A. F. (2020). Self-regulated learning bagi mahasiswa: pentingkah? Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 69–75. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/UM014v13i12020p

Permatasari, D., Latifah, L., Pambudi, P. R., & Artikel, S. (2021). Studi Academic Burnout dan Self-Efficacy Mahasiswa. 4(2).

Pravesti, C. A., Mufidah, E. F., Farid, D. A. M., & Lathifah, M. (2022). Pentingnya self-regulated learning pada mahasiswa. Seminar Nasional Hasil Riest Dan Pengabdian. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/261/220

Saddki, N., Sukerman, N., & Mohamad, D. (2017). Association between emotional intelligence and perceived stress in undergraduate dental students. Malaysian Journal of Medical Sciences, 24(1), 59–68. https://doi.org/10.21315/mjms2017.24.1.7

Sagita, D. D., & Meilyawati, V. (2021). Academic Burnout Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Nusantara Of Research, 8(2), 16.

Salmela-Aro, K., Kiuru, N., Leskinen, E., & Nurmi, J. E. (2009). School burnout inventory (SBI) reliability and validity. European Journal of Psychological Assessment, 25(1), 48–57. https://doi.org/10.1027/1015-5759.25.1.48

Salmela-Aro, K., Kiuru, N., & Nurmi, J. E. (2008). The role of educational track in adolescents’ school burnout: A longitudinal study. British Journal of Educational Psychology, 78(4), 663–689. https://doi.org/10.1348/000709908X281628

Salmela-Aro, K., Kiuru, N., Pietikäinen, M., & Jokela, J. (2008). Does school matter? The role of school context in adolescents’ school-related burnout. European Psychologist, 13(1), 12–23. https://doi.org/10.1027/1016-9040.13.1.12

Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. (2002). Burnout and engagement in university students a cross-national study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481. https://doi.org/10.1177/0022022102033005003

Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2011). Handbook of Self-Regulation of Learning. In Educational Psychology Handbook Series. Routledge.

Setiawan, I. (2020). Penerapan teknik Self Regulated Learning dalam mereduksi tingkat Academic Burnout siswa di sekolah MAN 1

Watansoppeng [Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/18995/1/JURNAL WANDI.pdf#

Simarmata, S. W., Nengsih, Harahap, A. C. P., & Batubara, A. (2022). Mahasiswa laki-laki dan perempuan dalam perspektif academic burnout. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2747–2754. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5731/4372

Tajeri Moghadam, M., Abbasi, E., & Khoshnodifar, Z. (2020a). Students’ academic burnout in Iranian agricultural higher education system: the mediating role of achievement motivation. Heliyon, 6(9), e04960. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04960

Tajeri Moghadam, M., Abbasi, E., & Khoshnodifar, Z. (2020b). Students’ academic burnout in Iranian agricultural higher education system: the mediating role of achievement motivation. Heliyon, 6(9), e04960. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04960

Timur, B. P. S. P. J. (2016). Statistik Pemuda Provinsi Jawa Timur. https://dispora.jatimprov.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Statistik-Pemuda-Provinsi-Jawa-Timur-2016.pdf

Wasito, A. A., & Yoenanto, N. H. (2021). Pengaruh Academic Self Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 112–119. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24380

Wei, X., Saab, N., & Admiraal, W. (2023). Do learners share the same perceived learning outcomes in MOOCs? Identifying the role of motivation, perceived learning support, learning engagement, and self-regulated learning strategies. The Internet and Higher Education, 56, 100880. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2022.100880

Wensly, Y. R. (2016). Dampak Kuliah Sambil Bekerja. Jom FISIP, 3(Februari), 1–15. https://www.e-jurnal.com/2016/03/dampak-kuliah-sambil-bekerja-studi.html

Yahya, S. D., & Yulianto, H. (2018). Burnout sebagai implikasi konflik dan peran ganda (pekerjaaan-kuliah) pada mahasiswa yang bekerja di kota Makassar. AkMen Jurnal Ilmiah, 15(4), 564–573. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/view/517

Zahid, K. B., Sukiatni, D. S., & Arifiana, I. Y. (2022). Hubungan Kepribadian Hardiness dengan Akademik Burnout pada Mahasiswa [Universitas 17 Agustus 1945]. http://repository.untag-sby.ac.id/17596/

Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2

Zulkarnain. (2021). Hubungan motivasi belajar, regulasi diri, dukungan sosial dengan academic burnout siswa pada masa pandemi Covid-19 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. v




DOI: https://doi.org/10.33508/exp.v11i2.5192