Faktor-Faktor Brand Loyalty Smartphone Pada Generasi Y

Tirta Angela, Nurlaila Effendi

Abstract


Brand loyalty terhadap smartphone merupakan bentuk perilaku pembelian berulang yang dilakukan konsumen terhadap suatu merek smartphone yang sama. Brand loyalty merupakan suatu fenomena penting bagi industri. Generasi Y merupakan sasaran penelitian ini karena berkarakteristik sebagai techno-generation yang akan menjadi pimpinan pasar pada masa depan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi brand loyalty terhadap smartphone, pada generasi Y. Teknik sampling adalah purposive dan snowball. Penelitian ini dilakukan dengan perspektif kualitatif, dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan dengan wawancara, dan dianalisis mengunakan analisis tematik induktif. Hasil menunjukkan dua faktor yang memengaruhi brand loyalty terhadap smartphone pada generasi Y, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor interla mencakup faktor-faktor psikologis yang melibatkan motivasi, persepsi, proses belajar, dan faktor-faktor pribadi yang melibatkan kepribadian dan nilai. Faktor-faktor eksternal mencakup faktor-faktor sosial yang melibatkan gaya hidup komunitas, lingkaran kerja atau kuliah, teman, lingkaran keluarga, dan media. Kepribadian yang dipengaruhi oleh lingkaran keluarga merupakan hal terpenting yang memengaruhi brand loyalty generasi Y terhadap smartphone.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/exp.v3i1.781