Analisis Efektivitas Pembelajaran Farmasetika Apotek Secara Daring dengan Metode Google Classroom pada Mahasiswa Tahun 2020

Heny Puspasari, Weni Puspita, Nanda Maulidia, Jubri Jubri

Abstract


Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan. Sistem pembelajaran daring atau online adalah salah satu implementasi dari pendidikan jarak jauh melalui sistem belajar online . Setiap sekolah maupun perguruan tinggi menggunakan cara belajaronline dengan tujuan meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang lebih baik dan bermutu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaranFarmasetika Apotek dengan menggunakan platform Google Classroom pada mahasiswaAkfar tahun 2020 Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian analisis kuantitatif. Pengambilan data secara prospektif kepada mahasiswa-mahasiswi aktif Akademi Farmasi Yarsi Pontianak pada tingkat tiga dengan pemberian kuesioner melalui google form. Hasil validasi dan reliabilitas instrumen penelitian ini menunjukkan nilai r tabel tiap butir pernyataan adalah rata-rata di bawah 0,05 (n=30) dan nilai Cronbach’s alfa yang diperoleh yaitu 0, 826 > 0,6.Hasil 10 indikator dari 15 indikator pertanyaan menunjukkan nilai persentase setuju dan sangat setuju lebih dari 50% tentang efektivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kuesioner penelitian ini valid dan reliabel, serta metode pembelajaran menggunakan platform Google Classroom sudah baik atau dapat dikatakan telah efektif dilaksanakan dengan menggunakan platform Google Classroom..

Save to Mendeley


Keywords


Analysis, Effectiveness, Learning, Google Classroom

Full Text:

PDF

References


Adawiah Radiatul. 2020. Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom Pada Masa Pandemi Mahasiswa Stkip Paris Barantai. Cendekia : Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 8 No.02. STKIP Paris Barantai.

Alexa Class .2018. Google Classroom: 2018 User Manual To Learn Everything You Need To Know About Google Classroom. Createspace Independent Publishing Platform.

Bender, W., & Waller, L. 2014. Google Apps. In Cool Tech Tools for Lower Tech Teachers: 20 Tactics for Every Classroom

Dessy T dan Wahyu O. 2013. Relevansi Kulifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerja Proyek Konstruksi di Provinsi Banten. Jurnal Fondasi Vo. 1 No 1. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Faisal Darul A, 2020. Efektivitas Proses Belajar Melalui Aplikasi Zoom Di Masa Pandemi Covid-19. Program Studi Pendidikan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial Uvinersitas Negeri Makassar.

Hidayat, A.A. 2012. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Penerbit Salemba Medika. Jakarta.

Kemendikbud. 2020. Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta.

Kurniawan, Albert. 2011. SPSS Serba-Serbi Analisis Statitistika Dengan Cepat Dan Mudah, Jasakom, Jakarta.

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33508/jfst.v9i1.3002