Formulasi Sediaan Pemerah Pipi dari Ekstrak Kelopak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa Linn.) Sebagai Pewarna dalam Bentuk Compact Powder

Nina Bindharawati, Farida Lanawati Darsono, Sumi Wijaya

Abstract


Latar belakang :Dewasa ini, penyalahgunaan pewarna tekstil didalam sediaan pemerah pipi sangat mengkuatirkan. Hal tersebut mengakibatkan dibutuhkannya suatu produk pemerah pipi yang aman dan mempunyai manfaat yang sesuai dengan penggunaannya.
Metode :Ekstrak kelopak bunga rosella dijadikan sebagai pewarna dengan konsentrasi 30 % dan digunakan isopropil miristat sebagai pengikat dengan berbagai konsentrasi. Formula I 0,5%, formula II 0,75% dan formula III 1%. Ekstrak kelopak bunga rosella diperoleh dengan cara maserasi etanol 96% dengan penambahan 3% asam asetat glasial, lalu diuapkan di penangas air dengan suhu dibawah 70º C. Sediaan pemerah pipi compact powder dibuat dengan cara kempa kering.
Hasil dan diskusi :Rendemen ekstrak yang diperoleh sebesar 25,17%. Pada hasil pengamatan ditunjukkan bahwa sediaan dengan konsentrasi isopropil miristat 0,5% lebih rapuh atau mudah pecah. Pada uji pH, sediaan yang memenuhi persyaratan adalah formula I dan formula II. Pada uji oles, sediaan dengan konsentrasi 1% tidak dapat ditempelkan pada kuas dan tidak dapat dilekatkan pada kulit.
Kesimpulan :Ekstrak kelopak bunga rosella dapat dijadikan salah satu pewarna alternatif yang baik dengan konsentrasi isopropil miristat yang terbaik adalah 0,75%.
Kata kunci :compact powder, isopropil miristat, pemerah pipi, rosella.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF 33-36