AUDIT QUALITY AND SEGMENTAL REPORTING QUALITY DETERMINE THE COST OF EQUITY

Calvin Yonathan, Lodovicus Lasdi

Abstract


Saat ini banyak perusahaan yang melakukan diversifikasi untuk meningkatkan daya saingnya. Bagi perusahaan yang memiliki segmen operasi, maka diperlukan adanya informasi segmen operasi bagi para pihak yang memiliki kepentingan di perusahaan sebagai informasi tambahan untuk menilai kinerja perusahaan. Hal ini penting bagi para investor sehingga mereka dapat mengambil keputusan investasi dengan tepat. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas audit terhadap biaya ekuitas perusahaan, serta pengaruh kualitas audit terhadap biaya ekuitas perusahaan melalui kualitas pelaporan segmen perusahaan. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif sekunder yaitu laporan keuangan dan harga saham. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear dan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas audit berpengaruh negatif terhadap biaya ekuitas. Berikutnya untuk kualitas pengungkapan segmen tidak memediasi hubungan antara kualitas audit dengan biaya ekuitas perusahaan.

Save to Mendeley


Keywords


Audit quality; segmental reporting quality; cost of equity

Full Text:

PDF

References


Abbas, A., A. H. Habbe, dan G. T. Pontoh, (2015). Kualitas Pengungkapan Segmen dan Hub-ungannya dengan Biaya Modal Ekuitas, Sim-posium NasionalAkuntansi XVIII, Medan, September: 1-27.

Alim, M. N., Hapsari, T., dan Purwanti, L. (2007). Pengaruh kompetensi dan independensi ter-hadap kualitas audit dengan etika auditor se-bagai variabel moderasi. Simposium Nasional Akuntansi X, Makassar.

Coffie, W., Bedi, I., dan Amidu, M. (2018). The ef-fects of audit quality on the costs of capital of firms in Ghana. Journal of Financial Reporting and Accounting, Vol. 16(4), 639-659.

Dang, C., dan Li, F. (2015). Measuring Firm Size in Empirical Corporate Finance, Working Paper, University of Western Ontario.

De Angelo, L.E. (1981). Auditor Independence, “Low Balling”, and Disclosure Regulation. Journal of Accounting and Economics 3. Au-gust: 113-127

Deis, D. R., dan Giroux, G. A. (1992). Determinants of audit quality in the public sector. The Ac-counting Review, Vol. 67(3), 462-479.

Fakhfakh, S. K., Shabou, R. M., dan Pige, B. (2018). Determinants of segment reporting quality: evidence from EU. Journal of Financial Re-porting and Accounting, Vol. 16(1), 84-107.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Sema-rang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hoque, N., Ahmed, K., dan Zijl, T. V. (2015). Ef-fects of Audit Quality on Earnings Quality and Cost of Equity Capital: Evidence from In-dia. Working Paper Series no. 95.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2018, Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

Jensen, M. C., dan W. H. Meckling (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure, Journal of Fi-nancial Economics, Vol. 3(4), Juli: 305-360

Kitagawa, N., dan M. Gotoh, (2011). Implied Cost of Capital over The Last 20 Years, The Japa-nese Accounting Review, Vol. 1, September :72-104

Muhammad, F., dan Siregar, S. V. (2013). Pengungkapan Segmen Operasi: Faktor-faktor yang Mempengaruhi dan Dampaknya ter-hadap Biaya Modal Ekuitas, Simposium Na-sional Akuntansi XVI, Manado, September: 651-676.

Susanto, S., dan Siregar, S. V. (2010). Corporate governance, kualitas laba, dan biaya ekuitas: studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009. Simposium Nasional Akuntansi XV, Banjar-masin..




DOI: https://doi.org/10.33508/jima.v10i2.3566