PERANCANGAN PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR ATAS SIKLUS ASET TETAP KANTOR CABANG AGEN RESMI OLI PELUMAS

Yenny Peditia, Tineke Wehartaty

Abstract


Pengelolaan aset tetap dalam perusahaan memiliki tiga kegiatan utama yaitu akuisisi, pemeliharaan selama penggunaan dan pelepasan aset tetap. Pengendalian internal dalam pengelolaan aset tetap bertujuan agar aset tetap dapat terjaga dengan baik, memiliki catatan akuntansi yang dapat dihandalkan dan digunakan secara efektif dan efisien. Untuk mendukung pengendalian internal tersebut, perusahaan membutuhkan Prosedur Operasional Standar (POS) sebagai pedoman pengelolaan aset tetap. Penelitian ini bertujuan merancang POS dan dokumen penggunaan aset tetap di kantor cabang. Desain penelitian adalah penelitian deskriptif dengan melakukan analisis aktivitas pengendalian aset tetap sebagai langkah awal. Data penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terkait dengan pengelolaan aset tetap. Objek penelitian ini adalah PT Kapuas Kencana Jaya cabang Kotawaringin Barat (Kantor Cabang Kotawaringin Barat PT Kakenja)  karena perusahaan belum mempunyai POS siklus aset tetap dan juga dokumen terkait pengelolaan aset tetap. Hasil penelitian ini, menunjukkan POS aset tetap diperlukan untuk mendukung aktivitas pengendalian aset tetap, pemberian kode aset tetap untuk memudahkan dalam melakukan pencatatan aset tetap kemudian pelaporan biaya pemeliharaan dan biaya penyusutan menjadi perhatian karena bentuk tanggung jawab Kantor Cabang Kotawaringin Barat PT Kakenja kepada kantor pusat.


Save to Mendeley


Keywords


POS, Aset Tetap, Aktivitas Pengendalian

References


Anderson, U. L., Head, M. J., Ramamoorti, S., Riddle, C., Salamasick, M., dan Sobel, P. J. (2017). Internal Auditing Assurance and Advisory Services. Altamonte Springs: The Institute of Internal Auditors Research Foundation.

Arens, A. A., Elder, R. J., dan Beasley, M. S. (2017). Auditing and Assurance Services. USA: Pearson Education.

Fatimah, E. (2015). Strategi Pintar Menyusun SOP. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Jogiyanto, H. M. (2015). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi (edisi ke-4). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mulyadi (2016). Sistem Akuntansi (edisi ke-4). Jakarta: Salemba Empat.

Rama, D., dan Jones, F. (2008). Sistem Informasi (N.Setyaningsih, Ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Romney, Marshall. B., dan Paul John Steinbart, (2017). Accounting Information Systems (edisi ke-14). New York: Pearson Higher Education & Professional Group.

Sutabri, T. (2016). Sistem Informasi Manajemen (Revisi; A. P, Ed.). Penerbit Andi.

Tambunan, R. M. (2011). Standard Operating Procedure. Jakarta: Maiestas Publishing.

Turner, Weickgenannt, dan Copeland. (2017). Accounting Information System: Controls and Processes (Ed 3). United States of America: Wiley.




DOI: https://doi.org/10.33508/jima.v11i2.4521