PENGARUH KOMITE AUDIT, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP EFISIENSI INVESTASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2019-2021

Aurellia Odelia Peri, Hendra Wijaya, Natalia Kristina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta menganalisis apakah komite audit, kepemilikan institusional, dan kualitas laporan keuangan berpengaruh signifikan dan positif pada efisiensi investasi. Objek pada penelitian ini meliputi seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan jika komite audit dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap efisiensi investasi. Sedangkan variabel kualitas laporan keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi investasi perusahaan.


Save to Mendeley


Keywords


Komite audit; kepemilikan institusional; kualitas laporan keuangan; efisiensi investasi; profitabilitas.

References


Anthony, R. N., dan Govindarajan, V. (2007). Management Control Systems (12th ed.). McGraw-Hill.

Biddle, G. C., Hilary, G., dan Verdi, R. S. (2009). How does financial reporting quality relate to investment efficiency? Journal of Accounting and Economics, 48(2–3), 112–131.

Fajriani, A., Wijaya, S. Y., dan Widyastuti, S. (2021). Determinasi Efisiensi Investasi. Akuntansi, 2.

Harjito, A., dan Martono. (2010). Manajemen Keuangan. Ekonisia.

Houcine, A., Zitouni, M., dan Srairi, S. (2022). The impact of corporate governance and IFRS on the relationship between financial reporting quality and investment efficiency in a continental accounting system. EuroMed Journal of Business, 17(2), 246–269.

IKAI. (n.d.). Organisasi yang mampu mendorong diterapkannya corporate governance di Indonesia.

Manossoh, H. (2016). Good Corporate Governance Untuk Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan (I. Wulansari, Ed.). PT. Norlive Kharisma Indonesia.

Marsya, M., dan Dewi, R. (2022). Pengaruh Kualitas Laporan Keuangan, Debt Maturity, dan Kinerja Profitabilitas Terhadap Efisiensi Investasi. Akuntansi Dan Keuangan.

Nasih, M., Al-Cholili, A. S. A., Harymawan, I., Haider, I., dan Rahayu, N. K. (2020). Political connections, overinvestment and governance mechanism in Indonesia. Cogent Economics and Finance, 8(1).

Nathaniel, A. S., dan Butar, S. B. (2019). Determinan Efisiensi Investasi Perusahaan Publik Indonesia. Akuntansi Bisnis, 17.

Noor, H. F. (2009). Investasi Pengelolaan Keuangan Bisnis dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat (B. Sarwiji, Ed.). Indeks.

Pramana, B. A. (2020, January 31). Peran Komite Audit Dalam Sebuah Perusahaan.

Purba, C. A. (n.d.). Pengaruh Komite Aaudit Terhadap Praktik Manajemen Laba: Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2014.

Royda, dan Riana, D. (2022). Investasi dan Pasar Modal (Moh. Nasrudin, Ed.). PT. Nasya Expanding Management.

Saputra, A. A. D., dan Wardhani, R. (2017). Pengaruh efektivitas dewan komisaris, komite audit dan kepemilikan institusional terhadap efisiensi investasi. Akuntansi & Auditing Indonesia, 21.

Septiana, G., dan Ikhsan, L. Y. (2019). Pengaruh Kualitas Laporan Keuangan dan Debt Maturity terhadap Efisiensi Investasi Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Manajemen Dan Bisnis, 8.

Setiadi, A. Z., dan Harymawan, I. (2020). Auditor’s specialization and audit fee in military-connected firms. Akuntansi Dan Auditing Indonesia, 24.

Tarigan, S. B. (2018). Pengaruh Jatuh Tempo Utang, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan Terhadap Efisiensi Investasi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Akuntansi.

U, Y. (2020, April 21). Pengertian Kepemilikan Institusional Beserta Lembaga.

Vitriani, N. P. L., dan Budiasih, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelaporan Keuangan Dan Sustainability Reporting Pada Efisiensi Investasi. E-Jurnal Akuntansi, 188.




DOI: https://doi.org/10.33508/jima.v11i2.4572