Peningkatan Kepatuhan Pengobatan Akupunktur Berdasarkan Analisis Customer Value Di LP3A, Surabaya
Abstract
SURABAYAABSTRAKAkupunktur sebagai terapi komplementer formal bagi kedokteran modern semakin dikenal dan diminati sebagai metode pengobatan. Metode ini mengadopsi prinsip keseimbangan Yin-Yang, sehingga mempunyai frekuensi pengobatan yang berbeda pada tiap kasus penyakit. Analisis Customer Value merupakan salah satu strategi pemasaran dalam upaya pencapaian kepuasan layanan dari sudut pandang pasien sebagai user, buyer dan payer, sehingga tercipta prilaku patuh. Kepatuhan pasien diklinik LP3A masih rendah.Diharapkan dengan upayaanalisis customer value ini dapat meningkatkan prilaku kepatuhanpengobatan.Penelitian ini bertujuanmenyusun rekomendasi peningkatan kepatuhan pasien dalam mengikuti seri pengobatan akupunktur berdasarkan analisis customer value yang memberi added value di Klinik LP3A, Surabaya. Merupakanpenelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan rancang bangun penelitiannya yaitu cross sectional. Data hasil penelitian dijadikan sebagai isu strategis dan menjadi pokok bahasandalam FGD. Hasil pada penelitian ini emotional value terhadap aspek reliabilty, assurance, empathy dan responsiveness dalam kategori sangat baik, tetapi tidak maksimal pada aspek tangible, financing value dalam kategori sangat baik, dan personalization value dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil FGD dan telaah peneliti maka dibentuklah sebuah rekomendasi peningkatan kepatuhan pasien akupunktur beserta rencana pelaksanaan kegiatan.
Save to Mendeley
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33508/jwm.v1i1.835