ANTESEDEN LOYALITAS KONSUMEN PADA PELANGGAN MATAHARI DEPARTMENT STORE SURABAYA

EVA ROSTANTI

Abstract


Seiring dengan perkembangan jaman, pada saat ini bisnis ritel tidak lagi di kelola secara tradisional melainkan dengan cara modern. Persaingan yang ketat di bisnis ritel tidak terlepas dari semakin menjamurnya pusat-pusat perbelanjaan seperti Department Store. Dengan banyaknya Department Store yang menjual berbagai macam produk yang sama, peritel harus mampu mempunyai daya saing untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
Banyaknya faktor-faktor dan tahapan-tahapan yang membentuk loyalitas konsumen menjadikan anteseden merupakan salah satu hal yang layak untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel anteseden terhadap loyalitas konsumen pada pelanggan Department Store.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada para responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel-variabel anteseden loyalitas konsumen seperti kepuasan konsumen, kepercayaan konsumen, komitmen psikologis, membership, persepsi nilai, kualitas produk, persepsi keadilan, switching cost dan reputasi perusahaan mempengaruhi loyalitas seorang konsumen dalam berbelanja di Department Store.

Save to Mendeley


Full Text:

Untitled