Wajah Tayangan Prime Time Televisi Indonesia : Dimana Kepentingan Publik Di Tempatkan?

Stefana Suryani Ginting

Abstract


Prime time merupakan waktu dimana penonton paling banyak menonton televisi. Di Indonesia, jam tayang prime time adalah pada pukul 18.00 23.00. Perkembangan televisi di Indonesia yang begitu pesat membawa industri ini kepada level dimana dunia pertelevisian mulai mempertimbangkan bidang bidang lain yang potensial seperti rating dan belanja iklan. Prime time terlebih lagi, waktu waktu prime time yang dipatok dengan harga iklan lebih tinggi menuntut industri televisi benar benar berfokus pada rating demi mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dari pemasukan iklan. Fungsi fungsi televisi yang adalah sebagai media komunikasi,
sarana pendidikan, sarana hiburan dan informasi, serta sebagai sarana tayangan komersial rupanya tidak berjalan seimbang. Tayangan pada jam prime time didominasi 21% oleh sinetron, 14% berita, 11% talk show, 9% tayangan animasi, drama sejarah India, dan comedy show, dan sisanya adalah tayangan reality show, talent show, variety show, tayangan religi, dan kuis. Pemilihan tayangan pada jam prime time menunjukkan bahwa tayangan tayangan tersebut tidak merefleksikan kepentingan publik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v4i1.1623



Member of : 

 

APJIKI

KOMUNIKATIF indexed by:

 

 
Accredited by :
 
Visit us here >>>

Komunikatif : Jurnal Ilmu Komunikasi secretariat:

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Kampus Dinoyo. Jl. Dinoyo No.42-44, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60265

Creative Commons License

KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License