Pengaruh Slogan, Model, dan Repetisi lklan terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor pada Ibu dalam Keluarga

Maria Yuliastuti, Anastasia Yuni W.

Abstract


Pertumbuhan penjualan sepeda motor di lndonesia menurut data terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Disisi lain, kebutuhan rumah tangga akan kendaraan bermotor juga semakin tak terhindarkan lag;. Berbagai factor menjadi pemicu kenaikan ini diantaranya adalah adalah
pengaruh iklan dan ibu sebagai pengambil keputusan dalam rumah fangga. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk memberikan jawaban mengenai pertanyaan penelitian yaitu bagaimana pengaruh slogan, model dan repefisi iklan terhadap keputusan pembelian kendaraan berrnotor pada ibu dalam keluarga. Untuk menjawab permasalahan penelitian ini digunakan program SPSS dengan teknik analisa data menggunakan analisa regresi linier berganda, koefisian determinasi berganda, koefisian korelasi
berganda dan koefisian korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa slogan memiliki pengaruh yang sangat kuat dan signifikan dalam keputusan pembelian yang ditunjukkan 80% dari sample setuju dan sangat setuju. Sedangkan model iklan menempati urutan kedua sebesar 70% sebagai factor pengaruh. Berikutnya 60% setuju dan sangat setuju bahwa repetisi iklan mempunyai pengaruh dalam keputusan pembelian. Mengenai peran ibu dalam pengambilan keputusan menunjukkan bahwa 80%
setuju bahwa ibu mempunyai pengaruh yang sangat signifikan dan kuat dalam pengambilan keputusan pembelian sepeda motor dan rnobil dalam keluarga.

Save to Mendeley


Keywords


slogan, model, repetisi iklan, keputusan pembelian, ibu, keluarga

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v2i2.1684