Pengaruh Komunikasi Positif dan Job Performance pada Organisasi Kemahasiswaan

Andhika Alexander Repi, Yeremia Steven

Abstract


Semua bentuk organisasi termasuk organisasi mahasiswa harus menunjukkan kinerja yang optimal. Namun, komunikasi menjadi masalah yang dapat menghambat pencapaiannya. Komunikasi perlu dibangun tidak hanya sebagai media formal untuk menyampaikan pesan, tetapi harus diperhatikan juga makna dan proses penyampainnya Hal itu disebut sebagai komunikasi positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi positif terhadap job performance pada organisasi mahasiswa di Surabaya. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan karakteristik mahasiswa aktif dan pengurus organisasi kemahasiswaan Universitas X masa jabatan 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner Komunikasi Positif dan kusioner Job Performance. Metode analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kinerja pekerjaan dan komunikasi positif berada dalam kategori sedang ke rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan pengaruh positif yang signifikan antara komunikasi positif pada job performance di organisasi kemahasiswaan. Pengaruh komunikasi positif membawa efek pada job performance, meski masih ada faktor lain yang dapat memengaruhinya. Pengurus organisasi mahasiswa perlu melakukan sejumlah pengembangan keberlanjutan, terutama dalam meningkatkan kemampuan komunikasi positif dalam organisasi. Universitas melalui dosen pendamping juga dapat memfasilitasi pengembangan komunikasi positif melalui program pengembangan seperti pelatihan komunikasi.

Save to Mendeley


Keywords


komunikasi positif, job performance, organisasi mahasiswa, perilaku organisasi

Full Text:

PDF

References


Aminah, S., Suprapti, S., & Hikmah (2016). Pengaruh faktor gender terhadap kinerja dosen perguruan tinggi swasta di kota semarang. Media Ekonomi dan Manajemen. 31(1), 39-47

Ardiansyah, D. O. (2016). Pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan dengan dimediasi oleh kepuasan kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), 16-29

Azwar, S. (2015). Dasar-Dasar psikometri. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Borman, W. C., Ilgen, D. R., & Klimoski, R. J. (2003). Handbook of psychology volume 12 : Industrial and organizational psychology. New Jersey: John Wiley & Sons

Cameron, K. S. (2008). Positive leadership : Strategies for extraordinary performance. California: Berrett-Koehler Publishers, Inc

Cameron, K. S., & Spreitzer, G. M. (2012). The oxford hanbook of positive organizational scholarship. New York: Oxford University Press

Ebrahimi, R., Chamanzamin, M.R., & Sourati, P. (2014). Investigating the effect of organizational communications on the performance of managers in government agencies of astara. International Review of Management and Business Research. 3(4), 2095-2104

Jex, S. M. (2002). Organizational psychology : A scientist-practitioner approach. New York: John Wiley & Sons

Joski, V. C., Putri, Y. R., & Supratman, L. P. (2015). Pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja guru di sma regina pacis bogor. e-Proceeding of Management. 2(2), 2330-2336

Kosasih, D. E., Sarwoprasodjo, S., & Susanto, D. (2014). Komunikasi organisasi dalam pengembangan kinerja pengurus gapoktan pada program penguatan lembaga distribusi pangan masyarakat. Jurnal Komunikasi Pembangunan. 12(2), 92-102

Kreitner, Robert., & Kinicki, Angelo. (1995). Organizational behavior : Third edition. Boston: IRWIN

Muda, I., Rafiki, A., & Harahap, M. R. (2014). Factors influencing employees’ performance : A study on the islamic banks in Indonesia. Journal of Business and Social Sciences. 5(2), 73-80

Nebo, C.S, Nwankwo, P.N., & Okonkwo, R.I. (2015). The role of effective communication on organizational performance: A study of nnamdi azikiwe university, awka. Review of Public Administration and Management. 4(8), 131-148

Nzuve, S.N.M., & Njambi, M.P. (2015). Factors perceived to influence employees’ performance: A case of the independent electoral and boundaries commision. Problems of Management in the 21th Century. 10(2), 88-98

Ogunola, A.A., & Akporaro, A.C. (2015). The relationship between organizational communication and job performance of employees of selected nigerian brewing industries. Information and Knowledge Management. 5(2), 85-91

Pallant, Julie. (2007). SPSS survival manual : A step by step guide to data analysis using SPSS for windows third edition. New York: McGraw Hill

Prakasa, S.P. (2015). Komunikasi dan gender: Perbandingan gaya komunikasi dalam budaya maskulin dan feminim. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. 5(1),19-30

Priyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing

Putra, Y.S. (2016). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Among Makarti. 9(18), 124-134

Purwanto, D. (2011). Komunikasi Bisnis Edisi Keempat. Penerbit Erlangga

Riggio, R. E. (2013). Introduction to industrial/organizational psychology. New Jersey: Pearson

Robbins, S.P., & Judge, T.A. (2012). Essentials of Organizational Behavior Eleventh Edition. London: Person Education Limited

Shonubi, A.O., & Akintaro, A.A. (2016). The impact of effective communication on organizational performance. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention. 3(3), 1904-1914

Schemerhorn Jr, J. R., Hunt, J. G., & Osborn, R. N. (2012) Organizational behavior : Seventh edition. New York: Wiley & Sons, Inc.

Schultz, D. P. & Schultz, S. E. (2010). Psychology and work today : Introduction to industrial and organizational psychology (10th ed.). Upper Saddie River, N. J. : Prentice Hall

Sonnentag, S. (2002) Psychological management of individual performance. New York: Wiley & Sons, Inc

Spector, P. (2012). Industrial and organizational psychology : Research and practice. Singapore: John Wiley & Sons Singapore Pte. Ltd

Venter, E. (2017). Bridging the communication gap between generation y and the baby boomer generation. International Journal of Adolescence and Youth. 22(4). 497-507, DOI: 10.1080/02673843.2016.1267022

Vosloban, R. I. (2012). The influence of the employee’s performance on the company’s growth – a managerial perspective. Procedia Economics and Finance, 3, 660-665

Wagner III, J. A., Hollenbeck, J. R. (2010). Organizational behavior : Securing competitive advantage. New York: Routledge

Wright, H.N. (2002). Communcation @work. CA: Gospel Light




DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v8i2.2188