Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis

Putri Limilia, Nindi Aristi

Abstract


Berbagai penelitian terakhir memperlihatkan bahwa teknologi khususnya internet menciptakan dampak negatif yang begitu besar. Oleh karena itu, peneliti-peneliti komunikasi sepakat bahwa literasi media sangat dibutuhkan untuk mencegah dampak tersebut. Berbagai penelitian literasi media pun dilakukan dalam rangka menemukan model literasi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep literasi digital dan metode yang sering digunakan untuk mengukur literasi digital. Penelitian ini merupakan penelitian tinjauan sistematis (systematic review) dengan menggunakan analisis isi sebagai teknik analisis data. Ada beberapa kriteria yang digunakan dalam menyeleksi artikel. Diantaranya adalah artikel dipublikasikan di jurnal terakreditasi di Sinta 2,3, dan 4. Selain itu, penulis juga melakukan pembatasan kata kunci dalam pencarian artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa definisi konsep literasi digital sangat beragam. Bahkan istilah yang digunakan juga tidak seragam meskipun merujuk pada definisi yang sama. Metode penelitian yang paling banyak digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, sehingga pemetaan keterampilan literasi digital pun tidak cukup menggambarkan keterampilan informan. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar penelitian selanjutnya menggunakan metode performance-based research. Penelitian kedepannya juga diharapkan dapat mengelaborasi literasi digital dengan konsep-konsep lainnya.

Save to Mendeley


Keywords


literasi digital, tinjauan sistematis, literasi media, analisis isi, indonesia

Full Text:

PDF

References


Adiarsi, G. R., Stellarosa, Y., & Silaban, M. W. (2015). Literasi media internet di kalangan mahasiswa. Humaniora, 6(4), 470–482.

Airlanga, M. (2018). Indonesia digital landscape 2018. Retrieved from https://www.slideshare.net/rumahide/indonesia-digital-landscape-2018

Amelia Jordana, T., & Herlina Suwarto, D. (2017). Pemetaan program literasi digital di Universitas Negeri Yogyakarta. Informasi, 47(2), 167–180.

Aufderheide, P., & Firestone, C. M. (1993). Media Literacy A Report of The National Leadership Conference on Media Literacy. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED365294.pdf

Bashir, Y., & Conlon, K. C. (2018). Step by step guide to do a systematic review and meta-analysis for medical professionals. Irish Journal of Medical Science, 187(2), 447–452. https://doi.org/10.1007/s11845-017-1663-3

Buckingham, D. (2015). Defining digital literacy: What do young people need to know about digital media? Nordic Journal of Digital Literacy, 2015(4), 21–34.

Darmastuti, R., Winarso, S., Edi, M., & Christianto, E. (2018). Model literasi media dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal masyarakat Salatiga. ASPIKOM, 3(4), 635–649.

Databoks. (2019). Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia? | Databoks. Retrieved September 4, 2019, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia

Davis, C. H., & Shaw, D. (2011). Introduction to information science and technology. United States of America: American Society for Information Science and Technology.

Elo, S., & Kyngäs, H. (2007). The qualitative content analysis process. Journal of Advanced Nursing, 62(1), 107–115. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2007.04569.x

Fitryarini, I. (2016). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51–67.

Gilster, P., & Watson, T. (1999). Digital Literacy Introduction to Excerpt. Retrieved from http://www.ncsu.edu/meridian/jul99/diglit/

Hobbs, R. (2010). Digital and Media Literacy: A Plan of Action. Journal of Craniofacial Surgery (Vol. 23). United States of America: The Aspen Institute. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e31824e27c7

Hobbs, R. (2011). The state of media literacy: A response to potter. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 55(3), 419–430. https://doi.org/10.1080/08838151.2011.597594

Jeong, S. H., Cho, H., & Hwang, Y. (2012). Media Literacy Interventions: A Meta-Analytic Review. Journal of Communication, 62(3), 454–472. https://doi.org/10.1111/j.1460-2466.2012.01643.x

Jones, R., & Hafner, C. A. (2012). Understanding digital literacies : a practical introduction. London: Routledge.

Juditha, C. (2013). Literasi Media pada Anak di Daerah Perbatasan Indonesia dan Timor Leste. IPTEK-KOM, 15(1), 47–62.

Juliswara, V. (2017). Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) di Media Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4(2), 142–164.

Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2017). Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research in Nursing and Health, 40(1), 23–42. https://doi.org/10.1002/nur.21768

Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An introduction to its methodology (second). United States of America: SAGE Publications Inc.

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di indonesia : studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra. Informasi, 47(2), 149–166.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66.

Novianti, D., & Fatonah, S. (2018). Literasi Media Digital di Lingkungan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 1–14.

Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan literasi digital dengan kualitas penggunaan e-resources. Lentera Pustaka, 3(2), 117–140.

Potter, W. J. (2010). The State of Media Literacy. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 54(4), 675–696. https://doi.org/10.1080/08838151.2011.521462

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 31–43.

Rahmi, A. (2013). Pengenalan literasi media pada anak usia sekolah dasar. Sawwa, 8(2), 261–276.

Rianto, P. (2016). Media baru, visi khalayak aktif dan urgensi literasi media. Komunikasi, 01(02), 90–96.

Schreier, M. (2012). Qualitative Content Analysis in Practice. London: Sage Publications Ltd.

Setyaningsih, R. (2017). Model literasi media berbasis kearifan lokal pada masyarakat kampung dongkelan kauman Daerah Istimewa Yogyakarta. Komuniti, 9(2), 118–125.

Setyaningsih, R., & Prihantoro, E. (2012). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200–1214.

Siberkreasi. (n.d.). Tentang Siberkreasi – Siberkreasi. Retrieved September 30, 2019, from http://siberkreasi.id/tentang-siberkreasi/

Wahidin, U. (2018). Implementasi literasi media dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Jurnal Pendidikan Islam, 07(02), 229–244.

Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. A. P. (2016). Literasi digital pada perempuan pelaku usaha produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. ASPIKOM, 3(1), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v8i2.2199