Kiat Sukses Mahasiswa Perantauan dalam Menghadapi Cultural Shock (Strategi Komunikasi Mahasiswa Perantauan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)

Tjiong Jessica Santoso, Anggelinus O. Adeo, Ignatius Deddy Prastowo

Abstract


Komunikasi adalah bentuk interaksi antar manusia sebagai suatu kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan. Komunikasi mengandung pembagian: gagasan,pikiran, fakta atau pendapat. Relasi antar pribadi yang berlangsung lama dan melembaga akan menimbulkan komunikasi antar budaya. Cultural Shock adalah kondisi psikologis negatif yang menggambarkan keadaan atau perasaan seseorang ketika menghadapi situasi sosial dan budaya yang berbeda dengan tempat asalnya. Penyebab cultural shock adalah: prilaku rasional, tradisi dan bahasa. Guna mengatasi hal tersebut dibutuhkan adaptasi diri yang bagus untuk dapat bertahan hidup pada lingkungan barunya dengan berbagai cara seperti: reduce uncertainty/mengurangi ketidak pastian, recognize differences/kenali perbedaan, dan adjust your communication/mengatur komunikasi.

Save to Mendeley


Keywords


komunikasi, interaksi, relasi, cultural shock, prilaku rasional, tradisi, bahasa, reduce uncertainty, recognize differences, adjust communication.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v1i1.279