Perempuan Gen X: Literasi Digital di Instagram Vs Facebook

Maria Yuliastuti

Abstract


ABSTRACT

The onslaught of social media has dominated and has become even more so during the Covid-19 pandemic. Women as spearheads of family resilience have a tough task during a pandemic. Mastery and use of social media for women is very important, especially Gen X women make a major contribution in educating children and also supporting family economic activities. The Republic of Indonesia Catholic Women's Group (WKRI) was the subject of this study. This study uses a quantitative approach to the survey method. It was found that the literacy ability of the WKRI group on the Facebook feature was high and vice versa on the Instagram feature. Some of the parts that influence them are age, education, profession, and the amount of expenses of the respondents. The duration of access does not affect literacy skills. Gen X women are still reluctant to switch to Instagram and are still comfortable using Facebook. Even though the duration of accessing Instagram and Facebook is almost the same, it doesn't guarantee the mastery of both features. 

ABSTRAK

Gempuran media sosial telah mendominasi dan semakin menjadi pada masa pandemi covid-19. Perempuan sebagai ujung tombak ketahanan keluarga memiliki tugas yang berat saat pandemi. Penguasaan dan pemanfaatan media sosial bagi perempuan sangatlah penting, terlebih perempuan Gen X berkontribusi besar dalam mendidik anak dan juga menopang kegiatan ekonomi keluarga. Kelompok Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) yang didominasi oleh perempuan Gen X menjadi subjek dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Didapatkan temuan bahwa kemampuan literasi kelompok WKRI pada fitur Facebook adalah tinggi dan pada fitur Instagram sebaliknya. Beberapa bagian yang mempengaruhi diantaranya adalah usia, pendidikan, profesi, dan besarnya pengeluaran dari responden. Lama durasi akses tidak mempengaruhi kemampuan literasi. Perempuan Gen X masih enggan untuk beralih ke Instagram dan masih nyaman menggunakan Facebook. Walaupun durasi dalam mengakses Instagram dan Facebook hampir sama, ternyata tidak menjamin kemampuan penguasaan fitur keduanya.


Save to Mendeley


Keywords


literasi digital; media sosial; perempuan; teknologi; pandemi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Riris Andono. (2020). “Pandemi Covid-19 dan Kesadaran Kolektif.” 6 April 2020. Diambil 28 April 2020 (https://m.mediaindonesia.com/read/detail/301509-pandemi-covid-19-dan-kesadaran-kolektif).

Arianto, Bambang. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Vol. 6.

Aswan, Aswan. (2020). “MEMANFAATKAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA DALAM KEGIATAN LITERASI DI MASA PANDEMI COVID-19.” Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 16(2):65. doi: 10.25134/fjpbsi.v16i2.3469.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

detikEdu, Tim. (2023). “Infografis: 7 Nama Generasi Berdasarkan Umur, Kamu yang Mana?” Diambil 14 Juni 2023 (https://www.detik.com/edu/infografis/d-6747568/infografis-7-nama-generasi-berdasarkan-umur-kamu-yang-mana).

Engel J. F., Blackwell R. D., Miniard P. W., dan Zillur Rahman. (2018). Consumer Behavior. 10 ed. disunting oleh Engel J. F., Blackwell R. D., dan Miniard P. W. Andover: Cengage.

Finaka, Andrean W. (2023). “Indeks Literasi Digital Indonesia Meningkat Lagi.” Diambil 5 Mei 2023 (https://indonesiabaik.id/infografis/indeks-literasi-digital-indonesia-meningkat-lagi).

Futri, Siska, dan Tiodora Hadumaon Siagian. (2022). “ANALISIS KEMISKINAN DIGITAL KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BANTEN DI MASA PANDEMI COVID-19.” Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah 6(2):76–87. doi: 10.56945/jkpd.v6i2.210.

Harahap, Ade Ardianta, Rahmanita Ginting, dan Ribut Priadi. (2023). “Literasi Digital Dalam Penyebaran Infodemi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Medan (Studi Kasus Akun Instagram @Medantalk) Literasi Digital Dalam Penyebaran Infodemi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Medan (Studi Kasus Akun Instagram @Medantalk).” JURNAL ILMIAH MUQODDIMAH 7(1).

Indra Astuti, Santi, E. Nugrahaeni Prananingrum, Lintang Ratri Rahmiaji, Lestari Nurhajati, Leviane J. H Lotulung, dan Novi Kurnia. (2021). BUDAYA BERMEDIA DIGITAL. Jakarta.

Jayani, Dwi Hadya. (2021). “Penetrasi Internet Indonesia Meningkat saat Pandemi Covid-19.” Diambil 27 Januari 2022 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/06/penetrasi-internet-indonesia-meningkat-saat-pandemi-covid-19).

Komang, I., Agus Widiantara, Niluh Wiwik, Eka Putri, Ni Ketut Yuniati. (2021). LITERASI DIGITAL DAN PANDEMI COVID-19: PERSEPSI MAHASISWA MENYIKAPI FENOMENA INFODEMIK. Sekolah Tinggi, Agama Hindu, Negeri Mpu, dan Kuturan Singaraja. Vol. 6.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing management. Vol. 15.

Kristyanto, Dian. (2020). “3_Urgensi Buku Digital di Tengah Pandemi Covid-19.” Libraria 8(2).

Lattimore, dkk. (2010). Public Relations: Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika LP3ES.

Lestari. (2021). “Literasi Digital Sebagai Penangkal Infodemi Covid-19 : Sebuah Literature Review.” LIBRIA 13(1):1–16.

Lidwina, Andrea. 2021a. “Generasi Baby Boomer Paling Sering Gunakan Facebook.” Diambil 15 Juni 2023 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/30/generasi-baby-boomer-paling-sering-gunakan-facebook).

Lidwina, Andrea. (2021b). “Persentase Penggunaan Media Sosial oleh Generasi X dalam Sebulan Terakhir (2020).” Diambil 15 Juni 2023 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/26/youtube-media-sosial-paling-banyak-diakses-generasi-x).

Metallo, Concetta, dan Rocco Agrifoglio. (2015). “The effects of generational differences on use continuance of Twitter: An investigation of digital natives and digital immigrants.” Hlm. 869–81 dalam Behaviour and Information Technology. Vol. 34. Taylor and Francis Ltd.

Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nisa Eka Pratiwi, An, Febri Yanti Nur Hayati, dan Idha Dwi Firdayanti. (2021). “Manfaat Media Digital dalam Pemasaran Online Produk UMKM Di.” JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 10(3):227.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugraheni, Yuli, Maria Yuliastuti, Akhsaniyah, Angela Evania, Alexandra Mevelyn, dan Benedicta Hana. (2022). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA BELANJA DAN USAHA ONLINE BAGI WKRI GEREJA GYB SURABAYA. Vol. 87.

Pusparisa, Yosepha. (2021). “Instagram, Media Sosial Favorit Generasi Z.” Diambil 16 Juni 2023 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/16/instagram-media-sosial-favorit-generasi-z).

Putri, Vanya Karunia Mulia. (2021). “Pengertian New Media dan Manfaatnya.” Diambil 2 Juli 2023 (https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/07/093000269/pengertian-new-media-dan-manfaatnya).

Rachmat Kriyantono. (2014). Teknik Praktis Riset komunikasi. 7 ed. Jakarta: Kencana.

Raharjo, Novianto Puji, Bagus Winarko, B. Balai, Pengembangan Sumber, Daya Manusia, dan Penelitian Surabaya. (2021). “Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks.” Jurnal Komunika 33. doi: 10.31504/komunika.v9i1.3795.

Ranti, Soffya. (2021). “Deretan Fitur Baru Instagram yang Meluncur Sepanjang 2021.” Diambil 30 Mei 2023 (https://pemilu.kompas.com/read/2021/12/20/18030087/deretan-fitur-baru-instagram-yang-meluncur-sepanjang-2021).

Riyanto, Galuh Putri. (2021). “6 Fitur Facebook untuk Kontrol Privasi dan Data Pengguna.” Diambil 6 Mei 2023 (https://tekno.kompas.com/read/2021/05/20/15154287/6-fitur-facebook-untuk-kontrol-privasi-dan-data-pengguna?page=all.).

Rizaludin, Epril Mohamad, Ghina Ambarrona Rosita, Kiki Indra Nugraha, Mochamad Renaldi Rismawan, Rangga Noprianto, dan Sri Rahayu. (2020). “LITERASI DIGITAL MEWUJUDKAN MASYARAKAT MELEK DIGITAL DITENGAH PANDEMI COVID-19.” Jurnal PkMMIFTEK 1(2):158–65.

Social, We Are., dan Hootsuite. (2021). “Digital 2021 Indonesia (January 2021) v01.” Diambil 13 Maret 2022 (https://www.slideshare.net/DataReportal/digital-2021-indonesia-january-2021-v01).

Social, We Are, dan KEPIOS. (2022). “Digital 2022 Indonesia (February 2022) v01.” Diambil 6 Mei 2022 (https://www.slideshare.net/DataReportal/digital-2022-indonesia-february-2022-v01?qid=77142d2c-11c9-4fbb-8fef-4b3513f9bbb2&v=&b=&from_search=30).

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R & D. Bandung.

Sukindar. (2018). “Biar Mudah, Kamu Bisa Menghubungkan Akun Instagram Dengan Facebook Dengan Cara Ini!” Diambil 16 Juni 2023 (https://gadgetren.com/2018/03/08/cara-menghubungkan-facebook-ke-instagram-akun/).

Suryatni, Luh. (2022). “LITERASI MEDIA DIGITAL DALAM KELUARGA DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 Luh Suryatni.” Sistem Informasi 9(1):23–38.

Susanto, Gus, Meliyana Perwita Sari, dan Heni Purwantiningrum. (2022). “Edukasi tentang Literasi Media untuk Mencegah Disinformasidi Masa Pandemi Covid-19.” ABDIRA 2(3):78–85.

Sutarsih, Tri, Vera Citra Wulandari, Rima Untari, Adam Luthfi Kusumatrisna, dan Atika Nashirah Hasyyati. (2021). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Sutrisna, I. Putu Gede. (2020). “GERAKAN LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 oleh I Putu Gede Sutrisna.” Stilistika 8(2). doi: 10.5281/zenodo.3884420.

Swarjana, I. Ketut. (2022). Populasi-Sampel: Teknik Sampling & Bias dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Tamburaka, Apriadi. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media. Jakarta: PT. Rajagrafindo.

UNESCO, Institute for Statistics. (2023). “Literacy.” Diambil 5 Mei 2023 (https://uis.unesco.org/en/glossary-term/literacy).

Wardani, Agustin Setyo. (2021). “Pengguna Facebook Indonesia Aktif Online di Masa Pandemi.” Diambil 29 Mei 2023 (https://www.liputan6.com/tekno/read/4490709/pengguna-facebook-indonesia-aktif-online-di-masa-pandemi).

Wardhani, Anindya Khrisna, Ega Nugraha, dan Qonita Ulfiana. (2022). “ANALISIS LITERASI DIGITAL HOAX TERKAIT COVID-19 PADA MASYARAKAT KABUPATEN KUDUS PERIODE JUNI 2022.” PREPOTIF 6(3).

Widyawati. (2020). Pendidikan dan Promosi Kesehatan. Medan: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan BINALITA SUDAMA MEDAN.

WKRI. (2021). “Tentang Kami.” Diambil 15 Juni 2023 (https://wkridpdjatim.org/tentangKami).

Yuliastuti, Maria, Yuli Nugraheni, dan Akhsaniyah Akhsaniyah. (2022). “MELAYANI TUHAN DENGAN MEDIA BARU PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN ONLINE GEREJA.” Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):20–28. doi: 10.24071/aa.v5i1.3817.

Zis, Sirajul Fuad, Nursyirwan Effendi, dan Elva Ronaning Roem. (2021). “Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital.” Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial 5(1):69–87. doi: 10.22219/satwika.v5i1.15550.




DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v12i1.4669