Dampak Ketergantungan Konten Flexing pada Fase Quarter Life Crisis Mahasiswa Tingkat Akhir

Rifa Maghfira, Miftahul Rozaq

Abstract


Final-year students aged 20 years and over often feel various pressures to achieve a certain level of success or achievement. One of them is the pressure from flexing content that is often presented on social media. Dependence on flexing content can trigger anxiety about the future, which ultimately leads to the emergence of the quarter-life crisis phase. Through its content, social media indirectly influences students, especially in forming a crisis of self-confidence. This research aims to determine the influence of dependency on flexing content on the quarter-life crisis phase of final-year students and to find out how big the influence of dependency on flexing content is on the quarter-life crisis phase of final-year students. The media dependency theory introduced by Rokeach & Defleur (1976) is utilized as the primary foundation for this research. This research uses a quantitative approach with a survey method for 214 Communication Science students class of 2020 at Telkom University, Bandung. The results of this research obtained a significance value of 0.000 <0.05. The research findings indicate that the dependency on flexing content on social media has a considerable potential to induce anxiety about life direction, leading to the formation of the quarter-life crisis phase. This shows that the dependence on flexing content which includes cognitive, affective, and behavioral aspects influences the quarter-life crisis phase which includes hopes and dreams, educational challenges, religion and spirituality, work life, home, lovers, family, and friends, and identity in final-year students. final Communication Science class of 2020, Telkom University Bandung, with an influence level of 40.7%, and the other 59.3% were influenced by other factors not included in the research. Research implications and suggestions are also discussed.

ABSTRAK


Mahasiswa tingkat akhir yang berusia 20 tahun keatas seringkali merasakan berbagai tekanan untuk mencapai tingkat kesuksesan atau pencapaian tertentu. Salah satunya adalah tekanan dari konten flexing yang sering dihadirkan pada media sosial. Ketergantungan pada konten flexing dapat memicu kecemasan akan masa depan, yang akhirnya berujung pada munculnya fase quarter life crisis. Melalui kontennya, media sosial secara tidak langsung memberikan pengaruh terhadap mahasiswa, terutama dalam pembentukan krisis kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketergantungan konten flexing terhadap fase quarter life crisis mahasiswa tingkat akhir dan mengetahui seberapa besar pengaruh ketergantungan konten flexing terhadap fase quarter life crisis mahasiswa tingkat akhir. Teori ketergantungan media yang diperkenalkan Rokeach & Defleur (1976) digunakan sebagai landasan utama penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada 214 mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020 Universitas Telkom Bandung. Hasil penelitian ini memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Penelitian ini memperoleh temuan ketergantungan konten flexing di media sosial memiliki potensi cukup tinggi sebagai terjadinya kecemasan tentang arah hidup yang mengarah pada pembentukan fase quarter life crisis. Ini menunjukan bahwa ketergantungan konten flexing yang meliputi aspek kognitif, afektif dan perilaku berpengaruh terhadap fase quarter life crisis yang meliputi hopes and dream, education challenges, religion and spirituality, work life, home, lovers, family, and friends, dan identity pada mahasiswa tingkat akhir Ilmu Komunikasi angkatan 2020 Universitas Telkom Bandung, dengan tingkat pengaruh sebesar 40,7% dan 59,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian. Implikasi dan saran penelitian juga dibahas.


Save to Mendeley


Keywords


Ketergantungan Konten Flexing; Quarter Life Crisis; Mahasiswa Tingkat Akhir.

Full Text:

PDF

References


Adinda, K. (2023). Flexing di Instagram: Antara Narsisisme dan Benefit. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Sosial, 6, 68–90. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/,

Adrian Meier, B. K. J. (2022). Social comparison and envy on social media: A critical review. Current Opinion in Psychology, 45. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2022.101302

Alamsyah. (2021). Model Komunikasi Jejaring Sosial dan Media Massa dalam Konteks Pesan Publik. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 9(1), 12–27. https://doi.org/10.33592/dk.v9i1.1378

Anjayani, S. P. N. (2021). Faktor-faktor Quarter Life Crisis (Studi Kuantitatif Deskriptif Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.

Ball-Rokeach, S. J., & Defleur, M. L. (1976). A Dependency Model of Mass-Media Effects. Sage Publication, 3(1), 3–21. https://doi.org/10.1177/009365027600300101

Bambang Sudaryana, R. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Deepublish.

Dandy Arie Pramudya, Fathimah Az-Zahra Hayuningrat, Khansa Salsabila Putri Ariyanto, Lubna Salsabila Esrarf, Nisrina Alifah Naia, Sheilla Rahmayanti, Y. N. (2023). Utilization of Social Media as a Quarter Life Crisis Education Media Dandy. Inovasi Lokal: Keberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan, 1(2), 135–140. https://doi.org/10.62255/noval.v1i2.24

Duara, R., Hugh-Jones, S., & Madill, A. (2021). ‘Forced adulthood’: An aspect of ‘quarterlife crisis’ suffered by young English and Assamese adults. Qualitative Studies, 6(1), 11–37. https://doi.org/10.7146/qs.v6i1.124407

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi (3rd ed.). PT. Citra Aditya Bakti.

Fajeri, S. N. (2023). Gambaran Quarter Life Crisis pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang sedang Mengerjakan Skripsi. Naskah Publikasi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 3, 1472–1487.

Fatchurrahmi, R., & Urbayatun, S. (2022). Peran Kecerdasan Emosi terhadap Quarter Life Crisis pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 13(2). https://doi.org/10.26740/jptt.v13n2.p102-113

Fazira, S. H., Handayani, A., & Lestari, F. W. (2022). Faktor Penyebab Quarter Life Crisis Pada Dewasa Awal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1349–1358.

Ferani Amira Salsabila, Fransiska Harsyanthi, Ira Mustika, Wulan Sari Putri Hidayat, & Yulina Eva Riany. (2023). The Dynamics of Quarter Life Crisis and Coping Strategies for Final Year Undergraduate Students. Journal of Family Sciences, 8(1), 123–135. https://doi.org/10.29244/jfs.v8i1.42751

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS (7th ed.). Penerbit Universitas Diponegoro.

Habibie, A., Syakarofath, N. A., & Anwar, Z. (2019). Peran Religiusitas terhadap Quarter-Life Crisis (QLC) pada Mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(2), 129. https://doi.org/10.22146/gamajop.48948

Haris, H. M. (2023). Strategi Coping Stress pada Mahasiswa dalam Menghadapi Tugas Akhir. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 8(2).

Horrigan, J. B. (2002). New Internet Users : What They Do Online , What They Don ’ t , and Implications for the ‘Net ’s Future. Pew Internet and American Life Project., 1–27. https://www.pewinternet.org/wp-content/uploads/sites/9/media/Files/Reports/2000/New_User_Report.pdf.pdf

Lestari, S. T., & Satriani, A. (2022). Model Terpaan Berita Terhadap Tingkat Kecemasan Khalayak. Bandung Conference Series: Journalism, 2(2), 151–157. https://doi.org/10.29313/bcsj.v2i2.4577

Li, L., & Lin, T. T. C. (2019). Smartphones at Work: A Qualitative Exploration of Psychological Antecedents and Impacts of Work-Related Smartphone Dependency. International Journal of Qualitative Methods, 18, 1–12. https://doi.org/10.1177/1609406918822240

Musfialdy, & Anggraini, I. (2020). Kajian Sejarah Dan Perkembangan Teori Efek Media. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 8(1), 30–42. https://doi.org/10.46806/jkb.v8i1.639

Nash, R. J., & Murray, M. C. (2010). Helping College Students Find Purpose. Jossey-Bass.

Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742

Nugraha, A. (2019). Sebagian Mahasiswa Bandung Rentan Depresi dan Bunuh Diri. Liputan6. https://www.liputan6.com/health/read/4129882/sebagian-mahasiswa-bandung-rentan-depresi-dan-bunuh-diri?page=2

Nul Widaya Mohamed Nawi, Syed Agil Alsagoff, Mohd Nizam Osman, Z., & Abdullah. (2020). New media use among youth in Malaysia: A media dependency theory perspective. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(9), 836–851.

Nurfitrianah, & Ekowati, S. (2023). Pengaruh Terpaan Konten 1% Indonesian Life School Terhadap Pengetahuan Kesehatan Mental. IKON Jurnal Ilmu Komunikasi, XXVIII(1), 62.

Nurhasanah, R., Nursanti, S., & Lubis, F. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kecemasan Sosial Pada Remaja. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(10), 3885–3893. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/8923

Pakpahan, R., & Yoesgiantoro, D. (2023). Analisa Pengaruh Flexing Di Media Sosial Terhadap Kehidupan Masyarakat. Jisicom, 7(1), 173–178. https://doi.org/10.52362/jisicom.v7i1.1093

Permatasari, Marsa, S. (2022). Dampak Media Sosial Dalam Quarter Life Crisis Gen Z di Indonesia. Ilmiah Indonesia, 7(8.5.2017). https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i6.7416

Putri, A. M., & Aprianti, M. (2023). Quarter-Life Crisis Mahasiswa Tingkat Akhir Pengguna Instagram: Apakah Berbeda Berdasarkan Gender? Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 3(1), 55–61.

Rahayu, S. (2022). Flexing sebagai komunikasi simbolik pada judul konten "Ah Official YouTube channel ". Arkana Jurnal Komunikasi Dan Media, 01(02), 71–80. https://doi.org/10.62022/arkana.v1i02.3423

Robbins, A., & Wilner, A. (2001). Quarterlife crisis : the unique challenges of life in your twenties. In Penguin Putnam. Penguin Putnam. http://www.amazon.com/dp/1585421065

Robinson, O. C., & Wright, G. R. T. (2013). The prevalence, types and perceived outcomes of crisis episodes in early adulthood and midlife: A structured retrospective-autobiographical study. International Journal of Behavioral Development, 37(5), 407–416. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0165025413492464

Sarwesti, S. (2023). Ketergantungan Individu Terhadap Media Dan Perilaku “Phubbing” Pada Interaksi Tatap Muka. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(2), 188–200. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.17

Sembiring, C. (2023). Flexing dan Ketergantungan Sosial Media: Bagaimana Platform Digital Memperkuat Budaya Pamer. Badan Otonom Pers Mahasiswa Wacana. https://wacana.org/flexing-dan-ketergantungan-sosial-media-bagaimana-platform-digital-memperkuat-budaya-pamer/

Sugeng, B. (2022). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif) (1st ed.). Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sujudi, M. A. (2020). EKSISTENSI FENOMENA QUARTER-LIFE CRISIS PADA MAHASISWA SEMESTER AKHIR UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. 1(3), 82–91.

Sun, Y., & Zhang, Y. (2021). A review of theories and models applied in studies of social media addiction and implications for future research. Addictive Behaviors, 114(October 2020), 106699. https://doi.org/10.1016/j.addbeh.2020.106699

Tresia Monica Tinambunan, C. S. (2021). Potensi Pemanfaatan Youtube Dalam Pembelajaran Matematika. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 71–90. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2945

Widi, S. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

Wijaya, D. A. P., & Utami, M. S. (2021). Peran Kepribadian Kesungguhan terhadap Krisis Usia Seperempat Abad pada Emerging Adulthood dengan Dukungan Sosial sebagai Mediator. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(2), 143. https://doi.org/10.22146/gamajop.63924

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (4th ed.). Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v13i1.5416