Instagram dan Influencer sebagai Tonggak Tranformasi Digital Public Relations UKWMS

Juan Filbert Fernando

Abstract


This study focuses on how public relations practitioners at UKWMS adapt to digital public relations by introducing the role of a "social media specialist," a new term that has become widely recognized in society. This role helps maintain the performance and relevance of public relations professionals by enabling them to adapt and innovate in fulfilling their duties and responsibilities. The advancements in digital technology have led to the emergence of various social media platforms used for communication, self-expression, and bridging interactions across distances. This research employs a qualitative case study approach, gathering information through in-depth interviews and participatory observation with digital public relations practitioners at UKWMS. The aim is to understand how the activities of digital public relations transformation are conducted, particularly as these are now embodied in the role of a social media specialist. The study also examines behavioral changes within the profession as it transitions from conventional public relations to the digital era, striving to maximize work quality and minimize the potential disappearance of public relations roles within society. This involves fostering the ability to collaborate with external stakeholders and adapting to new communication styles brought about by digitalization. The results of this study indicate that embracing digital public relations transformation is essential in the current digital era to avoid obsolescence and fully leverage communication technologies. Specifically, it highlights the potential to strengthen community relations for UKWMS through this transformation.

ABSTRAK

Penelitian ini berfokus melihat bagaimana pelaku public relation UKWMS melakukan transformasi pada digital public relations dengan memunculkan social media specialist sebagai salah satu istilah baru yang melekat di masyarakat saat ini untuk mempertahankan eksistensi kinerja seorang public relations untuk beradaptasi dan berinovasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki.  Kemajuan teknologi digital melahirkan berbagai media sosial yang digunakan untuk berkomunikasi, mengekspresikan diri hingga melahirkan komunikasi yang tidak dapat dipisahkan oleh jarak. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dalam memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan dengan in-depth interview serta observation participatory kepada pelaku digital public relation di UKWMS untuk mengetahui bagaimana proses aktivitas dari transformasi digital public relation yang saat ini dikenal sebagai social media specialist melalui perubahan perilaku yang ditimbulkan dalam dunia kerja dari seorang public relations konvensional dalam era digital, dan memaksimalkan kulitas kinerja pada era digital untuk meminimalisir hilangnya seorang public relations di sosial masyarakat, dengan kemampuan untuk berkolaborasi dengan pihak – pihak eksternal serta mengikuti perubahan gaya komunikasi melalui digitalisasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa langkah untuk melakukan transformasi digital pr merupakan hal yang harus dijalankan di era digital saat ini, agar tidak tertinggal dan mampu memanfaatkan teknologi komunikasi yang secara terkhusus mampu untuk membangun community relations UKWMS.


Keywords


Social media specialist, Digital Public Relation, Community Relation, Instagram

Full Text:

PDF

References


Andres Kaplan, & Michael Haenlein. (2014). User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media.

Ardiansyah, M. (2021). Analisis Peran Konten Instagram Universitas dan Loyalitas Mahasiswa terhadap Peningkatan Reputasi Universitas Kota Batam. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(1), 50–59. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i1.3291

Baharsyam, S., & Wahyuti, T. (2022). STRATEGI PENGGUNAAN KEY OPINION LEADER (KOL) DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK SANIA ROYALE SOYA OIL. Konvergensi : jurnal ilmiah ilmu komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.612

Bakiyah, H., Indarsih, M., Yuniani, H., & Astuti, F. D. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PT CAKRA MAHKOTA DALAM CUSTOMER RELATIONS. Jurnal Komunikasi dan Budaya, 3(1). https://doi.org/10.54895/jkb.v3i1.1352

Bambang Agus Diana, & Jayanti Armida Sari. (2024). Dampak Transformasi Digitalisasi terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat Pedesaan. Pemerintahan dan Politik, 9(2), 88–96.

Eka Diana, Siti Ratnatus Solehah, Siti Nadifah, & Nazilatur Rohmah. (2023). Pengelolaan Digital Public Relation dalam Membangun Citra Positif Madrasah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(4). https://doi.org/10.61132/semantik.v1i4.158

Enke, N., & Borchers, N. S. (2019). Social Media Influencers in Strategic Communication: A Conceptual Framework for Strategic Social Media Influencer Communication. International Journal of Strategic Communication, 13(4). https://doi.org/10.1080/1553118X.2019.1620234

Ganggi, R. I. P. (2020). Strategi Menciptakan Perpustakaan Kekinian Sebagai Upaya Menjaga Eksistensi di Era Revolusi Industri 4. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2). https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.197-204

Gantari Shafa, & Nara Garini Ayuningrum. (2024). Peran Social Media Specialist dalam Meningkatkan Brand Awareness di PT Kencana Maju Bersama. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi (SEMAKOM), 2(1), 1–9.

Girsang, C. N. (2020). Pemanfaatan Micro-Influencer pada Media Sosial sebagai Strategi Public Relations di Era Digital. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2). https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v12i2.1299

Hafidhah, H., Herli, M., & Arifin, M. (2020). Peran Media Sosial dalam Menunjang Kinerja dan Popularitas Institusi Perguruan Tinggi. JURNAL SERAMBI ILMU, 21(1). https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1786

Kosim, A., & Loisa, R. (2023). Analisis Perencanaan Komunikasi Pemasaran Content Creator di Instagram. Prologia, 7(2). https://doi.org/10.24912/pr.v7i2.21354

Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group.

Lailiyah, N. I., & Istiqomah, N. H. (2023). Literature Review: KOL Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital di Era Sosial 5.0. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.576

Mboeik, C., Ana Andung, P., & Mandaru, S. S. E. (2020). Praktik Digital Public Relations dalam Upaya Meningkatkan Citra Positif Perusahaan PT. PLN (Persero) UIW NTT. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(2). https://doi.org/10.35706/jpi.v5i2.4207

Meilinda, N. (2018). SOCIAL MEDIA ON CAMPUS: Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. The Journal of Society & Media, 2(1). https://doi.org/10.26740/jsm.v2n1.p53-64

Meranti, & Irwansyah. (2018). Kajian Humas Digital: Transformasi dan kontribusi Industri 4.0 pada Stratejik Kehumasan. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi2, 7(1).

Naddiya, F. (2021). Peran Social Media Specialist dalam Meningkatkan Promosi dan Citra Syariah di Akun Instagram @Modalku melalui Digital Marketing. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 8(2). https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v8i2.12623

Nasrullah, R. (2018). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi (N. S. Nurbaya, Ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Nasution, Y. E., & Nur R, T. H. (2018). Pengelolaan Digital Public Relations Rumah Sakit “JIH” Yogyakarta Tahun 2017. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(2). https://doi.org/10.12928/channel.v6i2.11583

Piyapong, J., Riruengrong, R., Wipawee, I., Siriphan, N., & Passanan, A. (2019). Empirical evidence of the roles of public spaces and public activities in the promotion of community relations and sense of place in a coastal community. Journal of Place Management and Development, 12(4). https://doi.org/10.1108/JPMD-09-2018-0065

RAFI, M. (2020). FUNGSI PUBLIC RELATIONS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN MEDIA ONLINE MEDCOM.ID. Jurnal Visi Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.22441/visikom.v18i2.9833

Rahastine, M. P. (2019). Analisa Peranan dan Fungsi Public Relation Baitulmaal Munzalan Indonesia Dalam Publikasi Gerakan Infaq Beras Jakarta. eJournal Komunikasi, 12(1).

Rico Alana Daniswara, & Andhita Risko Faristiana. (2023). TRANFORMASI PERAN DAN DINAMIKA KELUARGA DI ERA DIGITAL MENJAGA KELUARGA DALAM REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TANTANGAN DALAM PERUBAHAN SOSIAL. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(2), 29–43. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.637

Sadiq, H. M., Naryoso, A., & Yuliyanto, M. (2022). Peran Digital PR Diskominfo Kota Semarang Dalam Mendukung Komunikasi Publik Pada Penanganan Pandemi Covid-19. eJournal Undip, 10(1).

Sartika, S., & Rachmat, I. (2023). Strategi Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahaan pada PT. Telkomsel Tbk. Jurnal sosial dan sains, 3(2). https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.698

Satori, D., & Komariah, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sinaga, C. M., Intan, T., & Evilia, L. (2015). Strategi Community Relations PT. Telekomunikasi Indonesia (PT. Telkom, Tbk) dalam Usaha Peningkatan Pemanfaatan Internet Untuk Usaha Kecil Menengah Melalui Kegiatan Broadband Learning Centre. Komunikatif: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 4(2).

Sitakar, B., Rozi, Y. F., & Lestari, D. (2023). Pemanfaatan Virtual Community Sebagai Media Komunikasi E-Bussines. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6).

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HUMASBDG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS. Jurnal Common, 5(2). https://doi.org/10.34010/common.v5i2.5143

Yudha Amriel, E. E., & Ariescy, R. R. (2022). Analisa Engagement Rate Di Instagram : Fenomena Like Dan Komentar. MEDIA MANAJEMEN JASA, 9(2). https://doi.org/10.52447/mmj.v9i2.5555

Zurnali, C., & Wahjono, W. (2024). Dampak Tranformasi Digital Terhadap Bisnis. Jurnal Ilmiah Infokam, 19(2). https://doi.org/10.53845/infokam.v19i2.355




DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v13i2.6092

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Member of :

APJIKI

KOMUNIKATIF indexed by:

Accredited by :
Visit us here >>>

Komunikatif : Jurnal Ilmu Komunikasi secretariat:

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Kampus Dinoyo. Jl. Dinoyo No.42-44, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60265

Creative Commons License

KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License