“Si Loko” sebagai Maskot PT. Kereta Api Indonesia

Dian Permata Sari Rahayu, Centurion Chandratama Priyatna

Abstract


Upaya meningkatkan promosi dan komunikasi pemasaran, PT. Kereta Api Indonesia
menetapkan Si Loko sebagai maskot PT. KAI dan juga duta yang memberikan berbagai
informasi yang ingin diketahui oleh masyarakat pengguna kereta api. Si Loko adalah tokoh
imajiner yang diciptakan untuk menjadi maskot PT. KAI yang digunakan untuk menyapa
pelanggan dan stakeholder kereta api secara langsung. Sebagai duta PT. KAI, Si Loko juga
merupakan wujud peningkatan pelayanan kepada pelanggan berkaitan dengan kebutuhan
informasi produk maupun kebijakan yang dikeluarkan perusahaan yang juga dapat digunakan
sebagai media promosi dan komunikasi pemasaran. Penelitian ini bermaksud mengungkap
maksud penunjukan, fungsi, dan penetapan Si Loko sebagai maskot PT Kereta Api Indonesia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Hasil penelitian
menunjukan bahwa penetapan Si Loko Sebagai Maskot PT. Kereta Api Indonesia (Persero),
dilakukan karena perusahaan ingin menunjukkan sebuah perubahan dimana perusahaan tidak
hanya mengembangkan sarana transportasinya saja, melainkan juga dapat memberikan harapan
baru bagi pengembangan perkeretaapian di Indonesia yang semakin dekat dan peduli dengan
masyarakat. Selain itu, Si Loko juga menjadi sarana mediator komunikasi antara perusahaan
dengan masyarakat.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v4i2.768