ANALISIS KALIMAT EFEKTIF DAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN DALAM SURAT BISNIS (Analisis Kasus Surat Perkenalan dan Permintaan Penawaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) Tarakanita)
Abstract
Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh manusia baik dalam komunikasi lisan maupun tulisan. Dalam berkomunikasi, seseorang diharapkan mampu menyusun ide atau gagasan dalam kalimat secara baik dan benar. Kesamaan ide yang disampaikan dalam berkomunikasi didukung oleh banyak faktor, diantaranya adalah kalimat efektif dan penggunaan Ejaan yang Disempurnakan (EyD) secara tepat. Dalam penelitian ini, jenis komunikasi yang diteliti adalah komunikasi tulis dalam surat bisnis. Surat bisnis (perkenalan dan permintaan penawaran) merupakan salah satu bentuk komunikasi lisan yang yang penting, apalagi saat ini masyarakat sudah menggelobal baik dalam kawasan ASEAN maupun dunia. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan memaparkan kalimat surat bisnis berdasar syarat menyusun kalimat efektif dan pedoman EyD. Hasil analisis 30 kalimat surat bisnis yang ditulis oleh mahasiswa, diperoleh lima faktor yang memengaruhi kalimat tidak efektif: 1)ketepatan, 2) kehematan kata dan kesatuan gagasan, 3) kelogisan, 4) kefokusan pikiran, 5) kehematan, kesepadanan, intervensi bahasa, kebenaran struktur, makna ganda, dan ketegasan. Sedangkan pamakaian EyD, yang tidak tepat: 1) penulisan huruf miring, 2) penulisan huruf kapital, 3) pemakaian tanda hubung, 4) penulisan singkatan, 5) penulisan kata depan di, singkatan dan akronim, penulisan angka dan lambang bilangan, Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pemakaian kalimat efektif surat bisnis belum efektif dan dari pemakaian EyD masih banyak memiliki kesalahan.