PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SEKRETARIS
Abstract
Perkembangan smartphone yang cukup pesat, memudahkan manusia untuk melakukan banyak hal termasuk berkomunikasi atau mencari informasi. Media komunikasi yang canggih ini memiliki fitur fitur yang komplek yang bisa menunjang kegiatan sekretaris, namun bisa juga menghambat kegiatan utamanya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana sekretaris menggunakan smartphone dalam melakukan pekerjaannya sehari hari. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data melalui wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa smartphone efektif digunakan oleh para sekretaris dalam menunjang tugas-tugas dan kegiatan mereka di bidang komunikasi. Optimalisasi penggunaan aplikasi yang ada di smartphone adalah penggunaan aplikasi WhatsApp, e-mail dan search engine Google untuk mencari informasi dan berita. Tidak semua aplikasi yang tersedia, digunakan oleh sekretaris, tergantung kepada jenis pekerjaan dan kegiatan perusahaan. Para sekretaris meyakini bahwa aplikasi yang terdapat di smartphone dapat memudahkan mereka untuk berkomunikasi dan membuat mereka lebih efektif. Sifatnya yang dapat dibuka dimana saja, paperless, membuat para sekretaris nyaman dan mudah berurusan dengan pihak stakeholder. Namun smartphone memiliki hambatan yaitu sinyal yang kadang-kadang buruk, paket internet yang habis, serta keterbatasan penguasaan teknologi.