PENTINGNYA BAHASA INGGRIS, CHINA, DAN JEPANG SEBAGAI BAHASA KOMUNIKASI BISNIS DI ERA GLOBALISASI
Abstract
Memasuki era globalisasi, Indonesia menjadi melting pot bagi masyarakat dari berbagai negara dengan latar belakang bahasa dan budaya yang berbeda. Namun, masih terdapat beberapa kelemahan dari sumber daya manusia Indonesia, terutama penguasaan bahasa asing yang rendah. Tenaga profesional dalam negeripun harus mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. Banyak perusahaan-perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia seperti China dan Jepang. Situasi ini menyebabkan adanya urgensi terhadap penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, yaitu bahasa China dan Jepang sebagai bahasa komunikasi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pentingnya bahasa Inggris, China dan Jepang sebagai bahasa komunikasi bisnis. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif untuk mencari tahu kecenderungan ketiga bahasa tersebut sebagai bahasa komunikasi bisnis. Dari hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa Bahasa Inggris adalah tetap merupakan bahasa internasional pertama di dunia bisnis di Indonesia. Tren menunjukkan bahwa bahasa China akhir-akhir ini menjadi bahasa komunikasi bisnis yang penting untuk dipelajari oleh para pelaku bisnis bahkan mengalahkan tren bahasa Jepang sebagai bahasa internasional utama kedua dalam dunia bisnis Indonesia.