Upaya Pengembangan Usaha melalui Maksimisasi Penggunaan Informasi Akuntansi Finansial dan Non Finansial untuk UMKM Wilayah Surabaya Kota

Teodora Winda Mulia, Lodovicus Lasdi, Toto Warsoko Pikir, Irene Natalia

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pendampingan kepada UMKM. Peserta pelatihan berjumlah 42 pelaku UMKM di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Bidang industri UMKM bervariasi, yaitu industri makanan/minuman, industri stempel, industri kerajinan tangan dan industri lainnya. Banyaknya pertanyaan yang muncul menunjukkan antusiasme peserta terhadap acara ini. Acara ditutup dengan kesimpulan akhir dari peserta dan pemateri bahwa pengelolaan keuangan, pemasaran, dan kemitraan diperluka oleh UMKM untuk mendukung peningkatan kinerja UMKM dalam jangka panjang secara berkesinambungan.

Save to Mendeley


Keywords


Pengembangan usaha; maksimalisasi; penggunaan informasi akuntansi; akuntansi financial dan non financial; umkm wilayah surabaya kota

Full Text:

PDF

References


Dess, G.G., Davis, P.S., 1984. Porter’s Generic Strategies as Determinant of Strategic Group Membership and Organizational Performance, Academy of Management Journal. 27 (3), 467-488.

Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK, (2006), Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM No. 1.

Departemen Perindustrian, (2007), Strategi Peningkatan Kemampuan Adopsi Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Daya Saing UKM.

Hayes, R.H., Wheelwright, S.C., 1984. Restoring Our Competitive Edge: Competing Through Manufacturing. Wiley, New York.

http://arsipbisnis.wordpress.com/2008/09/08/perencanaan-keuangan-bagi usaha-kecil-menengah-ukm

http://galeriukm.web.id/artikel-usaha/membangun-strategi-pemasaran-usaha-kecil

Kim, L., Lim, Y., 1988. Environment, Generic Strategies, and Performance in A Rapidly Developing Location: A Taxonomic Approach. Academy Of Mangement Journal, 31 (4), 802-827.

Kotha, S., Vadlamani, B.L., 1995. Assesing Generic Strategies: An Empirical Investigation of Two Competing Typologies in Discrete Manufacturing Industries. Strategic management Journal, 16, 75-83.

Miller, D., 1987. The Structural and Environmental Correlates of Business Strategy. Strategic management Journal, 8 (1), 55-76.

Miller, D., Friesen, P.H., 1983. Strategy Making and Environment: The third Link. Strategic Management Journal, 4 (3), 221-235.

Mintzberg, H., 1978. Pattern in Strategy Formulation. Management Science, 24 (9), 934-948.

Porter, M. 1980. Competitive Advantage Creating And Sustaining Superior Performance, New York: Free Press.

Shahputra, (2007), Eksistensi Usaha Kecil Menengahsebagai Penggerak Ekonomi Regional: Makalah FGD UKM dengan Fakultas Ekonomi Unika. Widya Mandala Surabaya




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v1i1.2291