Pelatihan Pembukuan Dasar Sederhana bagi PKK pelaku usaha kecil di Kelurahan Keputran Surabaya

Tineke Wehartaty, Jesica Handoko, Shanti Shanti, Ronny Irawan

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan edukasi dan mendidik peserta pelatihan agar mampu mengolah data keuangan yang diperolehnya selama berusaha sehingga data tersebut dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis. Namun pada prakteknya, banyak UMKM yang tidak melaksanakan pembukuan dasar akuntansi karena tidak memiliki pengetahuan pembukuan dasar akuntansi. Sejumlah 19 orang peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini menunjukkan respon positif, dan berharap pelatihan ini dapat berlanjut di masa mendatang. Melalui pembinaan lebih lanjut antara pihak akademisi maupun pemilik UMKM diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Save to Mendeley


Keywords


Pelatihan Pembukuan Dasar

Full Text:

PDF

References


Glendoh. 2001. Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil. Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 3 No. 1.

Pengetahuan Akuntansi UMKM Minim. http://www.republika.co.id. diunduh tanggal 18 September 2009.

Presiden Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah.

Rahmana, A. 2008. Komparasi Karakteristik Dasar UMKM. Diunduh dari http://infoUMKM.wordpress.com/2008/08/11/komparasi-karakteristik-dasar-UMKM/# more-3 tanggal 18 September 2011

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi: Konsep & Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rudiantoro, R. dan SV. Siregar. 2011. Kualitas Laporan Keuangan UMKM serta Proses Implementasi SAK ETAP. Proceeding Simposium Nasional Akuntansi XIV. Aceh.

Tambunan, T. 2001. Performance, Problem and Prospect of SMEs in Indonesia: Harapan dan Kenyataan. Proceeding Seminar Pengembangan Usaha Kecil di Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v1i1.2292