Pemberdayaan Pengusaha Kripik Berbahan Dasar Umbi-Umbian dengan Meningkatkan Kreativitas Bauran Pemasaran Untuk Menambah Penghasilan Keluarga di Pacet Mojokerto

Tuty Lindawati, Ani Suhartatik, Arini Arini, Julius F. Nagel, Ninuk Muljani

Abstract


Pemberdayaan merupakan suatu proses yang membangun manusia melalui pengembangan kemampuan, perubahan perilaku, dan pengorganisasian. Dengan pemberdayaan tersebut diharapkan manusia dapat menciptakan kreatifitas yang ada pada dirinya sehingga dapat memunculan gagasan atau konsep baru, di mana produk yang dipasarkan dapat meningkat. Dalam memasarkan produk diperlukan strategi bauran pemasaran, yang terdiri dari strategi produk, strategi harga, strategi tempat/distribusi, dan strategi promosi. Strategi bauran pemasaran antara yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan, sehingga tidak dapat dijalankan sendiri-sendiri.

Save to Mendeley


Keywords


Pemberdayaan; Strategi bauran pemasaran; Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2010, Penanggulangan Kemiskinan.

Campbell, David, 1986, Mengembangkan Kreativitas, Yogyakarta, Penerbit Kanisius.

Hilakore, A. Maritje, 2004, Meningkatkan Kreativitas Perempuan Tani Kota Kupang Melalui Peternakan Cacing Tanah Untuk meningkatkan Pendapatan Keluarga, IPB, Bandung.

Nagel, 2012, Ekonomi Kreatif dalam proceeding Seminar Nasional kewirausahaan dan Inovasi Bisnis II, 2012 (SNKIB II 2012 ) Universitas Tarumanegara, jakarta 18 September 2012 ISSN no: 2089 – 1040

Saiman, L., 2009, Kewirausahaan: Teori, Praktek dan Kasus-kasus, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

http://balantikabpr.com, 2014

http://desasukamanah.wordpress.com, 2013

http://maschun.com, 2015

http://tantiarama.wordpress.com, 2014

http://www.pelatihanmanajemen.com, 2014

http://www.trainingcenter.co.id, 2013

http://www.pemberdayaan.com/pembangun

an/pemberdayaan-enablingempowering-and-protecting.html#more-90. Diakses pada tanggal 16 April 2016.

http://www.sarjanaku.com/2011/09/pemberdayaan-masyarakat-pengertian.html. Diakses pada tanggal 16 April 2016.

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/11/03/06582548/Era.Ekonomi.Kreatif

http://medan.tribunnews.com/2012/04/15/program-wirausaha-sangat-penting




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v2i1.2859