Pentingnya Merek Dan Kemasan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Dari Usaha Mikro Dan Kecil

Ninuk Muljani, Arini Arini, Ani Suhartatik, Tuty Lindawati, P. Julius F. Nagel

Abstract


This community service aims to provide insights to micro and small entrepreneurs on the importance of brands and packaging to increase product competitiveness. The target of this activity is 30 micro and small entrepreneurs who are members of the Prima Danarta Surabaya Credit Union. The participants enthusiastically asked questions, especially about how to search for brands and register trademarks

Save to Mendeley


Keywords


Merek; Kemasan; Daya Saing

Full Text:

PDF

References


Andry, T. (2018). 5 Manfaat Kemasan Produk yang Harus Anda Ketahui. (http://entrepreneurcamp.id/kemasan-produk/, 28 Januari), diakses 28 Juni 2019

Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmala, Vol. 2, No. 1, Januari: 92-103

Fitriani, F.F. (2014). Ini 10 Alasan Pentingnya Brand bagi UKM. (https://entrepreneur.bisnis.com/read/20140124/258/199196/ini-10-alasan-pentingnya-brand-bagi-ukm, 24 Januari), diakses 21 Juni 2019

Hamdani (2018). Ini Manfaat Membangun Merek bagi UMKM. (https://www.kompasiana.com/cangkoiburong/5bd5a5006ddcae40602d28d5/ini-manfaat-membangun-merek-bagi-umkm?page=all, 30 Oktober), diakses 28 Juni 2019

https://dgip.go.id

Ini Alasan Pendaftaran Merek Penting bagi UMKM untuk Mengembangkan Bisnis. (https://www.easybiz.id/ini-alasan-pendaftaran-merek-penting-bagi-umkm-untuk-mengembangkan-bisnis/, 12 Juli 2016), diakses 9 Juli 2019

InterActive crew (2018). 10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya. (https://interactive.co.id/blog/10-permasalahan-ukm-dan-cara-mudah-untuk-mengatasinya-127.html, 8 Nopember), diakses 4 Juli 2019

Lestari, P. (2019). 5 Macam Permasalahan UMKM yang Menjadi Tantangan dalam Berbisnis Beserta Solusinya. (https://blog.sribu.com./id/permasalahan-umkm, 19 Februari), diakses 4 Juli 2019

LPPI dan BI (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Nugraha, H.S., Ariyanti F., dan Darwanto (2017). Penerapan Branding pada UKM Makanan Ringan di Kabupaten Jepara. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 6, No. 1, Maret: 16-23

Pentingnya Kemasan Produk. (https://bisnisukm.com/pentingnya-kemasan-produk.html, 24 Agustus 2016), diakses 28 Juni 2019

Pentingnya Sebuah Kemasan Produk dalam Pemasaran. (https://jarvis-store.com/artikel/pentingnya-sebuah-kemasan-produk-dalam-pemasaran, 5 Juni 2014), diakses 28 Juni 2019

Roisah, R., Hakim, L. dan Mukminin, A. (2018), Strategi Membangun Brand Awareness pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi UKM Baju Bayi Indra Collection, Jurnal Abdimas BSI, Vol. 1, No. 2, Agustus: 340-347

Ryan (2018). Pentingnya Branding dan Desain Kemasan untuk Produk Usaha Kecil. (https://blog.sribu.com/id/5-alasan-pentingnya-branding-dan-kemasan-untuk-produk-usaha-kecil/, 13 September), diakses 28 Juni 2019

Saiman, L. (2009). Kewirausahaan: Teori, Praktik dan Kasus-kasus. Salemba Empat: Jakarta

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran, edisi 2, cetakan ke-5, Yogyakarta: Penerbit Andi

Wilopo, T. H. (2010). Membangun Merek untuk Usaha Kecil Menengah. (http://rahma-qq-comp.blogspot.com/2010/04/membangun-merek-untuk-usaha-kecil.html, 23 April), diakses 28 Juni 2019.




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v3i2.2997