WORKSHOP DAN PELATIHAN YASANTI DALAM REGENERASI DAN PENGEMBANGAN ADVOKASI KELOMPOK DAMPINGAN

Endah Setyowati

Abstract


ABSTRAK

Program PkM  ini merupakan peningkatan kapasitas bagi YASANTI. Dengan menggunakan Lokakarya Pemecahan Masalah mengenai strategi advokasi isu kaderisasi bagi staf organisasi YASANTI dan warga binaan, lokakarya dan pelatihan ini dirancang untuk pembelajaran orang dewasa yang memiliki beberapa karakteristik, seperti Sistem Non-Perbankan, elektif, dan partisipatif. Kesemuanya bertujuan untuk menciptakan pembelajaran demokratis. Perencanaan program dilakukan dengan menggunakan Learning Needs Resources Assessment (LNRA). Pelatihan juga menggunakan modul yang disesuaikan dengan kebutuhan YASANTI.

Kata Kunci: YASANTI, Workshop Pemecahan Masalah, Unit Mata Kuliah Humaniora, Universitas Kristen Duta Wacana (MKH UKDW)

 ABSTRACT

This Community Service Program is capacity building for YASANTI. By using Problem Solving Workshop on the issue of t regeneration advocacy strategies for organization staff of YASANTI and the residents they support, this workshop and training is designed for adult learning which has some characteristics, such as Non-banking System, electives, and participatory.  All of them aim to create democratic learning. Planning for the program is carried out using the Learning Needs Resources Assessment (LNRA). The training also uses customized modules according to YASANTI's needs.

Keywords:  

YASANTI, Problem Solving Workshop, Unit Mata Kuliah Humaniora, Universitas Kristen Duta Wacana (MKH UKDW)


Save to Mendeley


Keywords


YASANTI, Problem Solving Workshop, Unit Mata Kuliah Humaniora, Universitas Kristen Duta Wacana (MKH UKDW)

Full Text:

PDF

References


Freire, Paulo (2005). Pedagogy of the Oppressed

(translated by Myra Bergman Ramos). New York: The Continuum International Publishing Group Inc.

Kusumahadi, Mathodius (2016). Strategic Planning for Non-Profit Organization: Konsep, Teknik, dan Implementasi. Yogyakarta: Yayasan SATUNAMA

Maiese, Michele (2004). “Elicitive Training,”Beyondintractability, September 2004. https://www.beyondintractability.org/essay/prescriptive_elicitive_training

Setyowati, Endah(2015). “Pengembangan Perdamaian Melalui Pelatihan: Catatan Lapangan Bersama PSPP” dalam Tim Studi dan Pengembangan Perdamaian Universitas Kristen Duta Wacana, Indonesia Damai dalam Rangka Peringatan Hari Perdamaian Internasional 2015. Yogyakarta: Duta Wacana University Press

Setyowati Endah (2022). “Peningkatan Kapasitas Organisasi Perempuan Srikandi Lintas Iman melalui Pelatihan Pemberdayaan untuk Perdamaian”, Bakti Budaya Vol. 5 No. 1 2022, (116–129)

Vella, Jane. (2002). Learning to Teach Learning to Listen: The Power of Dialogue in Educating Adults.Revised Edition. San Francisco: Jossey-Bass A Willey Company




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v7i1.5506