PELATIHAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM DI DESA WATUWUNGKUK, PROBOLINGGO

Mentari Septynaputri Widodo

Abstract


Digital marketing kini merupakan cara baru yang digunakan oleh Perusahaan untuk menjangkau konsumen. Digital marketing juga merupakan salah satu strategi  yang dapat membangun, menciptakan dan mengkomunikasikan value perusahaan secara online melalui platform digital. Kemampuan terkait digital marketing ini juga tentunya sangat diperlukan bagi UMKM yang ada di Indonesia, guna meningkatkan daya saing mereka agar bisa bersaing dengan kompetitornya. Salah satu desa yang sangat memerlukan pelatihan terkait digital marketing adalah Desa Watuwungkuk, Probolinggo. Watuwungkuk adalah desa yang berada di kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Desa ini merupakan desa penghasil bawang merah. Dimana kebanyakan penduduk desa ini adalah pengusaha bawang goreng. Pengadian masyarakat ini dilakukan pada tanggal 7-8 Desember 2023. Metode dalam pelatihan ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu yang pertama menjelaskan mengenai pentingnya penerapan digital marketing dan jenis jenisnya, kemudan tahap kedua mempraktekkan langsung terkait digital marketing melalui Instagram, tiktok dll. Kemudian mempraktekkan mengenai langkah langkah dalam memanfaatkan salah satu fitur Instagram, tiktok dan shopee. Kemudian tahap yang terakhir yaitu melakukan diskusi terkait aktivitas digital marketing yang telah dipraktekkan serta kendala yang dihadapi

Save to Mendeley


Keywords


digital marketing, e-commerce

Full Text:

PDF

References


Bakri, M. H. (2020). The Effectiveness of Advertising in Digital Marketing towards Customer Satisfaction. Journal of Technology Management and Technopreneurship (JTMT), 8(1), 72-82.

Hair, J. . et al., 2010. Essentials of Marketing Research (Vol. 2). New York: McGraw-Hill. Jain, Vipin, B. I. N. D. O. O. Malviya, and S. A. T. Y. E. N. D. R. A. Arya. "An overview of electronic commerce (e-Commerce)." Journal of Contemporary Issues in Business and Government 27.3 (2021): 665-670.

Mason, A. N., Narcum, J., & Mason, K. (2021). Social media marketing gains importance after Covid-19. Cogent Business & Management, 8(1), 1870797.

Ratama, N., & Mulyati, S. (2022). Sosialisasi penggunaan ecommerce dalam perkembangan bisnis di era digital. Abdi Jurnal Publikasi, 1(1), 6-12.

Rasapta, D., Qumaruw, S., & Septa, S. (2022). Mengenal dan menerapkan ecommerce untuk mengambil peluang usaha untuk generasi muda di smk bistek cibinong. Abdi Jurnal Publikasi, 1(1), 1-5.

Soehartono, I., 2011. Metode Penelitian Sosial: Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thota, S. C. (2018). Social media: a conceptual model of the why's, when's and how's of consumer usage of social media and implications on business strategies. Academy of marketing studies journal, 22(3), 1-12.

Wibowo, A., Chen, S. C., Wiangin, U., Ma, Y., & Ruangkanjanases, A. (2020). Customer behavior as an outcome of social media marketing: The role of social media marketing activity and customer experience. Sustainability, 13(1), 189.




DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v7i1.5567