CAREER DECISION MAKING SELF-EFFICACY (CDMSE) DENGAN CAREER INDECISION PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Andhika Alexander Repi, Angela Kurniawati

Abstract


Kehidupan mahasiswa akhir tidak hanya dikelilingi oleh banyaknya beban tugas dan pengerjaan skripsi atau tugas akhir saja, namun juga dihadapkan pada pilihan untuk memilih masa depan. Jika mahasiswa akhir tersebut, tidak dapat menentukan bidang karir yang akan ditekuni di masa depan maka akan timbul perasaan bimbang dan ragu pada pilihan karirnya. Hal ini disebut dengan career indecision. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kebimbangan karir pada mahasiswa akhir, salah satunya adalah efikasi diri pada bidang karir yang disebut juga Career Decision Making Self-Efficacy (CDMSE). Dengan metode penelitian kuantitatif, peneliti menyebarkan kuisioner melalui google form dan didapatkan total 79 responden mahasiswa akhir yang tersebar di beberapa fakultas UKWMS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara Career Indecision dan juga Career Decision Making Self-Efficacy (CDMSE). Berdasarkan hasil penelitian, nilai sig sebesar 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan yang negatif antara Career Decision Making Self-Efficacy dengan Career Indecision pada mahasiswa akhir Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Artinya, semakin tinggi tingkat kebimbangan mahasiswa mengenai karirnya, maka semakin rendah keyakinan pada kemampuannya di bidang karir yang akan ditekuni. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah tingkat kebimbangan mahasiswa akan karirnya, maka mahasiswa semakin yakin dengan kemampuannya di bidang karir yang ditekuni. Hasil ini didukung dengan sumbangan efektif yang diberikan Career Decision Making Self-Efficacy (CDMSE) terhadap Career Indecision (CI)  sebesar 66,6%, yang artinya CDMSE memiliki peran yang kuat untuk menentukan bimbang tidaknya mahasiswa tingkat akhir di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.


Save to Mendeley


Keywords


career indecision; Career Decision Making Self-Efficacy (CDMSE); mahasiswa tingkat akhir

Full Text:

PDF

References


Azhar, El Hami, dkk. (2006). Tingkat Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir UNPAD. Bandung: Fakultas Psikologi UNPAD

Betz, N. E., & Taylor, K. M. (1983). Applications of Self-Efficacy Theory to the Understanding and Treatment of Career Indecision. Journal of Vocational Behavior

Betz, N. E., & Hackett, G. (1981). The relationship of career-related self-efficacy expectations to perceived career options in college women and men. Journal of Counseling Psychology.

Crisan, C., & Turda, S. (2015). The connection between the level of career indecision and the perceived self-efficacy on the career decision making among teenagers. Procedia Social and Behavioral Sciences, 209, 154-160. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.11.271

Danim, S. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta

Dewi,R.P.(2017). Hubungan Efikasi Diri Dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.Jurnal InSight, Vol. 19 No. 2.

Dharma,G.,Sari,Z,A.(2019). Career Decision Making Self-Efficacy Dan Career Indecision Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Seurune, Jurnal Psikologi Unsyiah.

Guay, F., Senecal, C., Gauthier, L., & Fernet, C. (2003). Predicting Career Indecision: A Self Determination Theory Perspective. Journal of Counseling Psychology, 50, 165-177.

Hijri, S. F. F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan Eksplorasi Karier Dengan Kebimbangan Karier Pada Siswa Sma Kelas Xii di Jadebotabek. Schema: Journal of Psychological Research, 128-139.

Javed, Z., & Tariq, O. (2016). Career-decisions, self-efficacy and self-esteem among students of private and government academic institutions. Pakistan Journal of Social and Clinical Psychology, 14(2), 42.

Mau, W. C. (2000). Cultural Differences in Career Decision-Making Styles and Self Efficacy.Journal of Vocational Behavior, 365-378.

Ningrum,S,K., Jati,A.(2013). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Mahasiswa Semester Akhir Di Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Osipow,S.H.(1999). Assessing Career Indecision. Journal of Vocational Behavior 55,147–154

Prideaux, L.A., & Creed, P. A. (2001). Career maturity, career decision-making self efficacy and career indecision: A review of the accured evidance. Australian Journal of Career Development.

Sawitri, D. R. (2019). Career Congruence with Parents from the Perspective of Gender. 1st Annual International Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH 2019) (pp. 244-248). Atlantis Press.

Setiobudi, J. (2017). Pengaruh efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII SMA negeri 1 Kalasan. E-Journal Bimbingan dan Konseling, 1(6), 98-11.

Shezi, S. E. (2013). Factors that influence university students’ career decisions. Doctoral dissertation, University of Zululand.

Smollar, J., & Youniss, J. (1989). Transformations in adolescents' perceptions of parents. International Journal of Behavioral Development, 12(1), 71-84.doi: https://doi.org/10.1177/016502548901200104

Talib, M. A., & Aun, T. K. (2009). Predictors of Career Indecision among Malaysian Undergraduate Students. European Journal of Social Sciences

Winkell, W.S., Sri H. (2004). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan.Yogyakarta:Media Abadi




DOI: https://doi.org/10.33508/exp.v10i1.3820