Peningkatan Kemampuan Operasional Penjumlahan Mata Pelajaran Matematika dengan Mengunakan Media Gambar pada Siswa Kelas III Tunagrahita Ringan SDLB Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasional penjumlahan mata pelajaran matematika dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas III SLB Negeri Semarang. Hipotesis yang diajukan adalah ada peningkatan kemampuan operasional penjumlahan mata pelajaran matematika dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas III SDLB Negeri Semarang. Subjek penelitian ini berjumlah 9 orang siswa kelas III tuna grahita ringan SDLB Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest desain. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t = -6,275 (p<0.01). Mean sebelum diberikan perlakuan dengan media gambar sebesar 4,6 dan seseudah perlakuan sebesar 7,5. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan opersional matematika pada siswa kelas III SLB Negeri Semarang sebelum dan sesudah perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima.
Kata kunci: kemampuan operasional penjumlahan mata pelajaran matematika, media gambar, tunagrahita ringan
Kata kunci: kemampuan operasional penjumlahan mata pelajaran matematika, media gambar, tunagrahita ringan
Save to Mendeley
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33508/exp.v4i2.895