Efektivitas Penggunaan Media Kalender Fungsional terhadap Peningkatan Kepatuhan Penggunaan Obat Secara Mandiri pada Pasien Hipertensi

Mahdiaty Mahdiaty, Iwan Yuwindry, Elvine Ivana Kabuhung

Abstract


Penyakit hipertensi merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Pemberian media kalender fungsional dapat meningkatkan kepatuhan pasien hipertensi dalam meminum obat. Kepatuhan merupakan faktor penting dalam keberhasilan program pengobatan hipertensi. Berbagai macam kondisi dan komplikasi penyakit, kecacatan dan kematian dapat dicegah melalui pengontrolan perilaku dan kepatuhan dalam terapi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas dari media kalender fungsional sebagai peningkatan kepatuhan secara mandiri pada pasien hipertensi di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan non-randomized pretest-posttest control group design. Populasi dan sampel adalah pasien hipertensi yang tidak patuh terhadap terapi hipertensi di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2020 dengan jumlah sampel 32 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode non-probality. Pengumpulan data menggunakan skala kepatuhan MMS-8 dan data dianalisis dengan uji wilcoxon. Kepatuhan pasien hipertensi sebelum mendapatkan media kalender fungsional termasuk kategori rendah dan kepatuhan pasien hipertensi sesudah mendapatkan media kalender fungsional mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji wilcoxon didapatkan p-value 0,01 lebih kecil dari dari 0,05 yang artinya ada peningkatan kepatuhan minum obat pasien hipertensi dengan pemberian media kalender fungsional. Kesimpulan yang dapat ditarik pada penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kepatuhan minum obat sebelum dan sesudah mendapatkan media kalender fungsional.

Save to Mendeley


Keywords


Hipertensi, Kepatuhan Minum Obat, Media Kalender Fungsional

Full Text:

PDF

References


Dwi P. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom; 2008.

Kesehatan D, Kalimantan P. Profil Kesehatan. 2016. Provinsi Kalimantan Tengah. (09).

Khoiriyyah A, Ediati A. Pengaruh Buku Harian Untuk Meningkatkan Kepatuhan Pada Pasien Hipertensi: Studi Kuasi Eksperimen Pada Pasien Hipertensi. Empati. 2015;4(1):35-42.

Oktianti D, Furdiyanti NH, Karminingtyas SR, Kunci K. Pengaruh Pemberian Informasi Obat Dengan Media Video Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi Di Ungaran The Effectiveness of Using Video as Media to Give Drug Information towards Hypertension Program Studi Farmasi , Universitas Ngudi Waluyo Email . 2019;02(June):87-93.

Saputri GZ, Akrom A, Muhlis M, Muthoharoh A. Efek Konseling Menggunakan Brief Counseling 5A Modifikasi Disertai Pesan Motivasional Farmasis dalam Peningkatan Perilaku dan Outcome Klinik Pasien Diabetes Melitus dengan Hipertensi Rawat Jalan di RSUD Panembahan Senopati, Bantul. Indones J Clin Pharm. 2019;8(1). doi:10.15416/ijcp.2019.8.1.31




DOI: https://doi.org/10.33508/jfst.v8i1.2984