Memperkecil Resiko Kegagalan Produk Baru dalam Pasar
Abstract
Strategi produk baru banyak digunakan oleh perusahaan untuk mempertahankan dan memperluas market share. Produk baru yang diluncurkan perusahaan mempunyai peluang dan resiko yang sama besar. Penyebab kegagalan dapat menjadi penyebab kesuksesan, demikian juga sebaliknya. Untuk memperkecil resiko kegagalan produk baru dalam pasar, perusahaan harus menciptakan system R&D yang solid, kondusif, tidak birokratif sehingga dapat memunculkan kreativitas dan ide-ide produk baru yang inovatif dengan efektif dan efisien. Perusahaan juga dapat menggunakan buyer utility map untuk mencari celah yang dapat dimasuki perusahaan dengan produk barunya yang inovatif. Selain produk, perusahaan juga harus menetapkan price bandwith yang pada akhirnya akan menuntun perusahaan menetapkan harga yang reasonable dan realistic. Faktor ketiga yang juga memegang peranan untuk memperkecil resiko kegagalan produk baru adalah partner bisnis. Harga yang tepat, biaya yang realistis, dan partner bisnis yang handal akan memperkecil resiko kegagalan produk baru dalam pasar.