Evaluasi Atribut Produk Telepon Selular melalui Analisis Konjoin

Bambang Widjanarko Otok

Abstract


Persaingan dalam dunia bisnis Telekomunikai telepon selular pada akhir-ahhir ini semakin marak Berbagai perusahaan (Vendor) telepon selular baru hadir dan ikut meramaikan pasar telepon selular di Indonesia. Kondisi ini menuntut setiap perusahaan telepon selular untuk senantiasa mengembangkan konsep produk yang ditawarkan mengingat telepon selular sangat peka terhadap selera konsumen dan tuntutan perkembangan jaman. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui segmentasi dan positioning merek telepon selular beserta konsep produk yang secara umum disukai konsumen dan mempuyai market share terbesar. Penelitian mengenai struktur preferensi terhadap konsep produk telepon selular dikarenakan telepon selular telah meniadi aksesoris dan bagian dari gaya hidup, oleh karena itu kualitas teknologi dan tampilan
atau desain meniadi hal yang penting bagi konsumen untuk menjatuhkan pilihannya. Dengan pendekatan konjoin, konsep produk yang secara umum disukai oleh segmen mahasiswa adalah telepon selular dengan ukuran kecil, tanpa menggunakan flip dan antena, bahan casing terbuat
dari plastik dan berbentuk segi empat dengan market share sebesar 23.5%. Kemudian konsep produk telepon selular dengan ukuran kecil, tanpa menggunakan flip dan antena, bahan casing terbuat dari plastik dan berbentuk oval dengan market share sebesar 22.13%.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF