Perceptual Mapping Produk BMW dengan Pendekatan Biplot melalui Analisis Komponen Utama

Teman Koesmono, Bambang Widjanarko Otok

Abstract


Posisioning menjadi disain yang nyata untuk menciptakan image perusahaan, sehingga konsumen yang ditargetkan dapat memahami dan menghargai dimana perusahaan berdiri di antara pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menyajikan persepsi konsumen BMW terhadap atribut-atributnya dengan pendekatan biplot melalui SVD dari analisis komponen utama.
Hasil penelitian menunjukkan, dengan a = 1, persepsi yang dibentuk produk Honda fun Mercedes adalah kemudahan suku cadang, banyaknya jumlah bengkel resmi dan ketrampilan mekanik. Pada a = 0 menunjukkan panjang vektory ang sama dan korelasinya yang sangat tinggi dari produk Mercedes dan Honda (0,995041), BMW dengan Honda (0,96409) sedangkan
BMW dengonM ercedes( 0,956347),i ni menunjukan bahwa korelasi antara ketiga produk tersebut sangat tinggi yong berarti ketiga produk tersebut bersaing sangat ketat dalam membentuk persepsi kpnsumen mengena atribut-atribut produknya.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF