Kampanye Peduli Kesehatan Ibu Studi Kasus Investasi Sumber Daya Manusia Melalui Kampanye #Sayangibu

FX. Ari Agung Prastowo

Abstract


Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia mengutip data hasil Survei
Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, Angka Kematian Ibu
(AKI) di Indonesia mencapai 359 per 100.000 kelahiran hidup Kematian
ibu terjadi pada perempuan yang terlalu muda untuk hamil, ada juga yang
terlalu tua untuk hamil, jarak kehamilan yang terlalu berdekatan, serta
kehamilan yang terlalu sering, ujar Menkes. Melihat fenomena tersebut
Kementerian Kesehatan RI mencanangkan kampanye Peduli Kesehatan
Ibu di Jakarta (28/4). Oleh karena peneliti melakukan penelitian kampanye
peduli kesehatan ibu untuk mengetahui latar belakang pelaksanaan
kampanye, pemahaman tim kampanye dan aktivitas komunikasi
kampanye peduli kesehatan ibu. Penelitian ini menggunakan pendekatan
studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif, dengan harapan peneliti
dapat menemukan gambaran secara holistik mengenai kampanye peduli
kesehatan ibu.
Adapun hasil penelitian peneliti menggambarkan beberapa hal
diantaranya kementerian kesehatan melakukan kampanye karena
semakin tingginya angka kematian ibu, kurangnya sumber daya
kesehatan yang disediakan oleh pemerintah dan rendahnya angka
partisipasi pendidikan, rendahnya kepercayaan masyarakat akan
pemeriksaan pada saat kehamilan serta tingkat ekonomi yang masih
memprihatinkan. Tim kampanye peduli kesehatan ibu dapat merancang
pesan komunikasinya dengan baik yang diwujudkan dalam taktik special
event, publikasi dan komunikasi dan advokasi dan kemitraan.

Save to Mendeley


Keywords


Kampanye, Kesehatan, Ibu

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v3i2.1453