Kepuasan Anggota Instanusantara Surabaya Pada Penggunaan Media Sosial Instagram

Teguh Husada Putra

Abstract


Kepuasan dalam penelitian ini erat kaitannya dengan teori uses and gratifications yang berasumsi bahwa audien aktif dalam menggunakan media. Penggunaan media ini berangkat dari motif audiens sendiri dalam memenuhi kebutuhannya. Teori uses and gratifications membahas
bagaimana hubungan antara motif penggunaan media dengan tingkat kepuasan yang didapat oleh audien. Penelitian ini meneliti kepuasan anggota Instanusantara Surbaya dalam menggunakan Instagram. Instanusantara merupakan komunitas fotografi yang tersebar di berbagai wilayah seperti Ambon, Bali, Bandung, Banjar, Daerah Istimewa Yogyakarta, Gorontalo, Jakarta, Kepri, Kuningan, Makasar, Manado, Malang, Medan, Palu, Palangkaraya, Semarang dan Surabaya.
Komunitas Instanusantara Surabaya yang dijadikan subyek dalam penelitian ini tergolong sebagai audien yang cukup aktif mengabadikan keindahan Indonesia dalam media sosial Instagram. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota Instanusantara Surbaya yang dibentuk pada
tahun 2012. Penelitian ini menggunakan empat indikator dengan kategori untuk mencari kesenjangan antara GS (Gratification Sought) dan GO (Gratification Obtained) dilihat dari Hubungan Sosial, Identitas Pribadi, Informasi dan Hiburan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan anggota Instanusantara Surbaya dalam menggunakan media sosial Instagram termasuk dalam tingkat kepuasan yang rendah.
Meskipun tidak puas, tetapi anggota Instanusantara tetap menggunakan media sosial Instagram karena Instagram merupakan media wajib yang harus digunakan oleh anggota Instanusantara untuk dapat mempertahankan status keanggotaan mereka di komunitas Insatanusantara.

Save to Mendeley


Keywords


Teori Uses and Gratification, Kepuasan GS (Gratification Sought) dan GO (Gratification Obtained), Komunitas Instanusantara Surabaya, Instagram.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v4i1.1626