Implementasi Manajemen Kampanye Anti Narkoba BNNP Riau dalam Diseminasi P4GN pada Masyarakat

Nadra - Alfiati, Sumekar Tanjung

Abstract


Riau menjadi salah satu kota besar di Indonesia yang semakin banyak memiliki pengguna narkoba dan narkoba, terutama di kalangan remaja. Dari data yang diperoleh, 70 persen pengguna narkoba berasal dari siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, dan sekitar 40 persen orang dewasa. Menghadapi kenyataan ini diperlukan kampanye oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi manajemen kampanye dalam kampanye anti narkotika di BNNP Riau, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh Seksi Pencegahan Bagian P2M dalam mengimplementasikan kampanye tanpa narkoba. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Penulis melakukan wawancara terhadap tiga narasumber, dengan sumber utama yaitu Kepala Seksi Pencegahan yang berlokasi di Kantor BNNP Riau. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, mobilisasi, dan pemantauan atau evaluasi. Namun, selama fase evaluasi, Bagian Pencegahan kurang melakukan survei kepada khalayak kampanye tanpa narkoba. Ada dua faktor pendukung. Pertama, masyarakat Riau sebagai faktor eksternal, yang memiliki antusiasme terhadap kasus penyalahgunaan narkoba di Riau. Kedua, kekuatan tim kerja sama BNNP Riau sebagai faktor internal. Kurangnya sumber daya manusia menjadi kelemahan dari manajemen kampanye ini.

Save to Mendeley


Keywords


narkoba, implementasi, manajemen kampanye, BNNP

Full Text:

PDF

References


(2017, Maret 27). Retrieved April 13, 2017, from Harian Riau: http://harianriau.co/mobile/detailberita/9699/kasus-narkotika-di-riau-meningkat-20-persen

(2017, Oktober 6). Retrieved Agustus 19, 2018, from Tribun News: http://www.tribunnews.com/regional/2017/10/06/ini-jaringan-narkoba-internasional-yang-diungkap-di-riau

Badrudin. (2013). Dasar-dasar Manajemena. Bandung: Alfabeta.

Fachmi, I. (2010). Manajemen Risiko: Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

Fischer, F., Miller, G. J., & Sidney, M. S. (2015). Analisis Kebijakan Publik, Teori, Politik dan Metode. (I. Baihaqie, Trans.) Bandung: Nusa Media.

Nugroho, R. (2006). Kebijakan Publik untuk Negara-negara Berkembang. Model-model Perumusan, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: Gramedia.

Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2010). Manajemen (10 ed.). (B. Sabran, & D. B. Putera, Trans.) Jakarta: Erlangga.

Setiyawati. (2015). Buku Seri Bahaya Narkoba: Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba. Surakarta: Tirta Asih Jaya.

Siagian, S. P. (2005). Fungsi-fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara.

Sule, Trisnawati, E., & Saefullah, K. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v8i1.2030