Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Pra Sekolah Dengan Bermain Family Animals
Abstract
Pendahuluan Kecerdasan interpersonal anak masih menjadi masalah pada tumbuh kembang anak. Anak yang bermain gadget memicu anak untuk memiliki sifat individualis dan asosial. Kecerdasan interpersonal anak dapat dikembangkan dan ditingkatkan dengan memberikan permainan kelompok salah satunya yaitu bermain Family Animals. Tujuan penelitian mengetahui perbedaan kecerdasan interpersonal sebelum dan sesudah pemberian stimulasi bermain Family Animals pada anak prasekolah di TK Miftahus Sa’adah Desa Macajah Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. Metode: Penelitian menggunakan desain pre-exsperimental dengan one group pre test-post test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Miftahus Sa’adah Desa Macajah Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. Jumlah sampel 25 anak dengan menggunakan tekhnik simple random sampling. Variabel independen penelitian adalah bermain Family Animals, variabel dependennya adalah kecerdasan interpersonal. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil: Bahwa anak sebelum pemberian stimulasi bermain Family Animals kecerdasan interpersonal anak kurang sebanyak 12 anak (48%), sedangkan sesudah pemberian stimulasi bermain Family Animals kecerdasan interpersonal anak kurang yaitu 1 anak (4%). Menunjukkan dengan nilai p=0,000 (>0,05. Pembahasan : Memberikan sebuah permainan menjadi salah satu bentuk kegiatan positif anak dalam mengembangkan dan meningkatkan kecerdasan interpersonal anak Kesimpulan: Kecerdasan interpersonal anak sangat penting diasah sejak dini, sehingga hubungan sosial dan interaksi sosial anak dapat terjalin baik dengan lingkungan sosialnya.
Kata Kunci : Kecerdasan Interpersonal, Family Animals, Anak, Pra Sekolah.
Kata Kunci : Kecerdasan Interpersonal, Family Animals, Anak, Pra Sekolah.
Save to Mendeley
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33508/ners.v7i2.2105