KONSEP DIRI DAN PERKEMBANGAN REMAJA DI PANTI ASUHAN “HASYIM ASY’ARI” SIDOARJO

Rukmini Rukmini

Abstract


Pendahuluan : remaja merupakan fase menuju proses perkembangan pengetahuan/kematangan kepribadian, ditandai dengan mereka lebih suka bersosialisasi dengan teman sebayanya. Remaja yang tinggal di panti asuhan cenderung pasif dan menutup diri dalam berinteraksi dengan orang
lain disekitarnya. Remaja yang tinggal di panti asuhan cenderung kurang berinteraksi dengan orang lain, yang berpengaruh pada konsep diri dan perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perkembangan remaja yatim piatu usai 10-14 tahun di
panti asuhan “Hasyim Asy’ari” Sidoarjo. Metode : desain penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional, dengan subyek penelitian remaja yatim piatu usia 10-14 tahun dipanti asuhan “Hasyim Asy’ari” Sidoarjo berjumlah 40 responden. Teknik yang digunakan random sampling, dengan skala data ordinal-ordinal, yang diukur enggunakan kuisoner. Analisa data denga uji
spearman rank. Hasil : uji korelasi spearman rank didapatkan nilai p = 0.00 terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan perkembangan remaja, sedangkan r = 0.565 menunjukkan hubungan cukup kuat. Kesimpulan : implikasi hasil penelitian perlu dilakukan penataan program
secara kontinyu untuk meningkatkan pola asuh dan perkembangan remaja di panti asuhan “Hasyim Asy’ari” Sidoarjo.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF