Studi Literatur: Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar

Steven Aldo Marcello

Abstract


Pendahuluan: Prestasi akademik merupakan salah satu komponen penting untuk digunakan sebagai tujuan yang harus dicapai oleh setiap pelajar atau siswa, terutama siswa sekolah dasar. Studi literatur ini dilakukan untuk mengkaji artikel yang mengidentifikasi efektifitas dari aktivitas fisik terhadap prestasi akademik siswa SD. Metode: Pengumpulan data yang berupa artikel dilakukan melalui database PubMed dan ScienceDriect dengan kata kunci dalam bahasa inggris “physcical activity”, “elementary student”, dan “academic performance”, ditemukan artikel sebanyak 650 artikel (PubMed: 45, ScienceDirect: 605). Hasil: ditemukan sebanyak 5 artikel setelah dilakukan analisis data sesuai kriteria inklusi dengan rentang waktu publikasi 2018-2022. Studi literatur yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas fisik terhadap prestasi akademik siswa SD. Kesimpulan: melakukan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan prestasi belajar atau prestasi akademik.


Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/ners.v10i1.4309