Gadget dan Prestasi Belajar pada Usia 13-15 Tahun di SMP Cahaya di Jl. Bulak Banteng Lor No. 68 Surabaya (Gadget and Learning Achievementat of the Age 13-15 Years in Cahaya High School at Bulak Banteng Lor No.68 Surabaya)

Ni Putu Rusmini

Abstract


Pendahuluan: Tanggung jawab siswa sebagai siswa adalah belajar dengan baik, namun kenyataannya mereka sering melalaikan tanggungjawab karena pemakaian gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara permainan gadget dengan penurunan prestasi belajar pada remaja usia 13-15 tahun di SMP Cahaya Surabaya. Metode: Jenis penelitian korelasi cross sectional. Populasi adalah seluruh siswa SMP cahaya berjumlah 960 siswa,dan sampel yang diambil 91 siswa,teknik sampling “Stratified sampling”. Terdapat dua variabel yaitu Variabel Independen adalah Gadget dan Variabel dependen adalah prestasi belajar. Pengumpulan data dengan mengunakan lembar kuesioner untuk gadget dan observasi untuk prestasi belajar. Data di analisis dengan Uji Rank Spearman. Hasil: Didapatkan hasil Sig. 0,905 ≥ 0,05 dengan nilai Correlation Coefficient (-0,13) maka disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara gadget dengan penurunan prestasi belajar pada usia 13-15 tahun di SMP Cahaya Surabaya. Pembahasan: Tidak adanya hubungan dapat disebabkan oleh beberapa faktor misalnya faktor intelektual, mengatur waktu antara belajar dan bermain gadget, mengaplikasikan gadgetnya ke arah yang positif. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara pemakaian gadget dengan prestasi belajar.

Save to Mendeley


Full Text:

pdf


DOI: https://doi.org/10.33508/ners.v4i1.871