MEMAHAMI MOTIVASI BERPRESTASI DAN MANFAAT PENGGUNAAN GAWAI BAGI GENERASI DIGITAL NATIVE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai motivasi berprestasi dan pengaruh kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya gawai pada mahasiswa Akademi Sekretari Widya Mandala Surabaya (Akse WMS). Studi dilakukan pada mahasiswa angkatan 2013 dan 2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan metode pengambilan sampel nonprobability sampling. Teknik sampel yang digunakan adalah sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden merupakan generasi Digital Native. Digital Native merupakan istilah bagi seseorang yang sejak bayi sampai tumbuh dewasa tidak terlepas dari teknologi digital. Berkaitan dengan motivasi berprestasi, responden secara umum memiliki motivasi belajar yang tinggi. Tiga jawaban tertinggi alasan motivasi berprestasi responden dapat terbentuk karena (1) adanya keyakinan akan mendapatkan prestasi yang baik; (2) mau berusaha mencapai prestasi terbaik; dan (3) bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas. Melalui penelitian ini juga diketahui kalau mayoritas responden hanya memanfaatkan teknologi gawai untuk kesenangan dan bermain. Responden belum dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi digital untuk mendukung keberhasilan studinya. Dari hasil studi ini Penulis memberikan saran agar responden dapat lebih mengenal dan mengoptimalkan TIK dalam proses belajar. Pengintegrasian proses belajar mengajar di kampus dengan TIK sudah selayaknya dilakukan hingga dapat terbentuk “knowlegde-bases society habits” dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital di Akse WMS.