PERAN STANDAR KOMPETENSI KARYAWAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA BISNIS PERBANKAN DI INDONESIA
Abstract
Bisnis perbankan di Indonesia telah berkembang semakin pesat sehingga kebutuhan nasabah juga meningkat. Standar kompetensi karyawan sangat penting dalam dunia bisnis, tidak terkecuali pada bisnis perbankan. Standar kompetensi sangat mempengaruhi Pelayanan prima yang diberikan kepada nasabah. Pelayanan prima merupakan salah satu usaha dan strategi perbankan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah atau pelanggan dengan harapan pelanggan merasa puas. Pelayanan prima merupakan faktor terpenting dalam merebut hati calon nasabah dan nasabah serta dilakukan oleh seluruh elemen sumber daya manusia yang ada di dalamnya dari tingkat pimpinan sampai karyawan lainnya sebagai bukti pendekatan kepada nasabah. Pihak perbankan harus menjaga dan mengelola pelayanan prima agar nasabah tetap loyal. Kurang maksimalnya pelayanan yang diberikan kepada nasabah menjadi konsekuensi yang dipengaruhi oleh standar kompetensi karyawan belum maksimal. Optimalisasi standar kompetensi karyawan harus disertai dengan tingkat pendidikan, skill, experience, dan attitude behavior yang dimiliki oleh karyawan. Beberapa usaha untuk peningkatan standar kompetensi karyawan dengan mengikuti pelatihan soft competency, mengikuti pelatihan standar penampilan, standar layanan, pengetahuan, keterampilan maupun hard competency bagi setiap karyawan.