Kesiapan Mahasiswa Teknik Industri Unika Atma Jaya Terhadap Penggunaan E-Learning dalam Proses Belajar Mengajar

M.M. Wahyuni Inderawati, Ronald Sukwadi, Hotma A. Hutahaean

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, telah diimplementasikan dalam perkembangan konsep elearning.

Dengan memanfaatkan teknologi berbasis web, e-learning dapat menjadi solusi untuk meningkatkan
efisiensi dalam kegiatan pembelajaran. Proses belajar mengajar (PBM) melibatkan dua pihak yang
berkepentingan yaitu dosen dan mahasiswa. Keduanya merupakan kelompok pengguna (user) yang saling
berinteraksi satu dengan yang lain. Agar PBM melalui e-learning berlangsung dengan efektif maka kedua belah
pihak harus memiliki persepsi yang sama terhadap teknologi ini. Pengalaman dan pengetahuan dosen dan
mahasiswa yang berbeda akan mempengaruhi persepsi mereka terhadap teknologi ini. Unika Atma Jaya telah
lama menerapkan e-learning sebagai salah satu pendukung kegiatan PBM, termasuk pada Program Studi
Teknik Industri. Namun sampai saat ini belum pernah dilakukan kajian untuk mengukur tingkat kesiapan
mahasiswa dan dosen terhadap sistem e-learning berdasarkan pengalaman dan persepsi masing-masing.
Penelitian ini mencakup pengukuran kesiapan mahasiswa terhadap penggunaan e-learning dalam proses
belajar mengajar di Program Studi Teknik Industri. Proses pengumpulan data melalui survei berdasarkan
indikator dari 5 dimensi kesiapan e-learning. Data dianalisis dengan metode analisis faktor konfirmatori.
Setelah itu metode MANOVA digunakan untuk melakukan uji multivariat dalam rangka meneliti pengaruh latar
belakang mahasiswa terhadap kesiapan mereka pada e-learning. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan
indikator yang terpilih, mahasiswa Teknik Industri Unika Atma Jaya secara umum telah cukup siap untuk
menggunakan e-learning dalam PBM.

Kata kunci : Unika Atma Jaya, e-learning, kesiapan mahasiswa, teknologi

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v15i1.1197