Perbaikan Kualitas Produk Furniture Dengan Menggunakan Pendekatan Dmaic di PT. Prospek Manunggal Era Industry

Lia Caroline, Ign Joko Mulyono, Dini Endah Setyo Rahaju

Abstract


PT. Prospek Manunggal Era Industry merupakan sebuah pabrik yang bergerak di bidang furniture dengan bahan baku utamanya rotan dan marmer terletak di Jalan Wates Negoro, Kec Ngoro. Pengendalian kualitas mencakup keseluruhan kegiatan produksi, mulai dari perencanaan (Plan), kemudian
mengimplementasikan perencanaan itu menjadi kenyataan (Do), dan meninjau kembali sejauh mana kesesuaian
antara hasil dengan rencana semula (Check). Selanjutnya harus dilakukan perbaikan yang perlu agar kesesuaian antara hasil dengan rencana tercapai (Action). Pengendalian kualitas adalah sebuah diagnostic.
Apabila terjadi sebuah produk cacat muncul, penyebabnya dicari dan dilakukan perbaikan, untuk itu metode yang digunakan dengan DMAIC. Di mana penggunaan metode ini disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis permasalahannya. Dari DMAIC (define, measure, analyze, improve, control) semua masalah akan dapat teratasi dan metode ini dapat memberikan usulan perbaikan dan dapat diimplementasikan pada perusahaan ini.
Dengan menggunakan diagram pareto, menghitung DPO dan DPMO untuk mengetahui besar sigma. Dengan
menggunakan DMAIC menunjukkan banyak perubahan yang nyata pada perusahaan dan berarti perusahaan memerlukan perbaikan dengan menambah alat bantu.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v6i1.1235