Penerapan Metode Gstar (P1) Untuk Meramalkan Data Penjualan Rokok di Tiga Lokasi
Abstract
Salah satu dasar utama perencanaan produksi, inventori, dan distribusi yang efektif, dan efisien adalah peramalan yang tepat dari suatu data penjualan produk di waktu-waktu yang akan datang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penjualan harian rokok Hanisa Alami di tiga lokasi penjualan, yaitu Pasuruan, Malang, dan Batu, di mana data ini tidak hanya memiliki keterkaitan dengan kejadian pada waktu-waktu sebelumnya, tetapi juga mempunyai keterkaitan dengan lokasi atau tempat yang lain yang disebut dengan data spasial. Tujuan penelitian ini adalah mengaplikasikan model GSTAR (P1) untuk peramalan penjualan rokok Hanisa Alami di tiga lokasi serta untuk mengetahui apakah ada keterkaitan antara penjualan di suatu lokasi dengan lokasi lainnya. Disamping itu, juga untuk membandingkan model ARIMA, dengan model GSTAR (P1),
mana yang lebih tepat digunakan dalam peramalan penjualan rokok Hanisa Alami di tiga lokasi berdasarkan
hasil ketepatan ramalan. Model GSTAR (P1) yang merupakan pengembangan dari model space-time yang
menggabungkan unsur keterkaitan waktu, dan lokasi pada suatu data deret waktu, dan lokasi. Hasil dari penelitian ini adalah suatu model GSTAR yang sesuai, sehingga dapat digunakan untuk mendapatkan nilai-nilai ramalan yang tepat, dan dapat menjelaskan nilai-nilai ramalan yang tepat, dan dapat menjelaskan keterkaitan penjualan di suatu lokasi dengan penjualan di lokasi-lokasi yang lain.
mana yang lebih tepat digunakan dalam peramalan penjualan rokok Hanisa Alami di tiga lokasi berdasarkan
hasil ketepatan ramalan. Model GSTAR (P1) yang merupakan pengembangan dari model space-time yang
menggabungkan unsur keterkaitan waktu, dan lokasi pada suatu data deret waktu, dan lokasi. Hasil dari penelitian ini adalah suatu model GSTAR yang sesuai, sehingga dapat digunakan untuk mendapatkan nilai-nilai ramalan yang tepat, dan dapat menjelaskan nilai-nilai ramalan yang tepat, dan dapat menjelaskan keterkaitan penjualan di suatu lokasi dengan penjualan di lokasi-lokasi yang lain.
Save to Mendeley
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33508/wt.v7i2.1275