Perbaikan Service Quality Berdasarkan Harapan Pelanggan Salon Adi

. Yuddy, Anastasia Lydia Maukar, . Suhartono

Abstract


Salon Adi merupakan salah satu Salon yang sedang berkembang saat ini. Salon ini ikut meramaikan bisnis Salon kecantikan di daerah Ngagel dan sekitarnya, seperti Salon Alex, Salon David, Salon Jhony Andrean dan lain sebagainya. Salon Adi sebagai Salon kecantikan untuk kalangan kelas menengah dan berorientasi untuk kalangan dewasa, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menerima semua kalangan. Layanan jasa yang ditawarkan Salon Adi sangat beragam dan terbilang lengkap untuk kelas menengah. Dengan adanya persaingan yang terbilang cukup ketat, maka penting bagi Salon Adi untuk lebih meningkatkan kualitas dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan melihat adanya kekurangan dan kelebihan yang terdapat pada Salon Adi, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui dan mengevaluasi tingkat kepentingan, tingkat kepuasan, dan tingkat loyalitas pelanggan. Langkah pertama adalah melihat dari analisis tabulasi silang untuk melihat adanya pengaruh profil pelanggan dengan tingkat loyalitas. Selanjutnya dilakukan analisis GAP yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan dengan tingkat kepuasan.
Analisis ini dimaksudkan untuk menjelaskan faktor-faktor yang terjadi pada pelanggan Salon Adi.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan oleh Salon Adi meliputi: merekrut karyawan yang bekerja dalam jangka waktu lama, menjaga penampilan karyawan, harga yang ditawarkan berdaya saing, peningkatkan kebersihan ruangan, dan penyediaan bacaan.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v8i1.1288