Peningkatan Produktivitas pada Industi Kecil Pembuatan Kotak Karton Melalui Perbaikan Desain Fasilitas Kerja

Peniel Immanuel Gultom, Priscilla Tamara

Abstract


Berdasarkan hasil survei di industri kecil pembuatan kotak karton di Malang, masih ditemukan aktivitas kerja yang belum produktif, ditinjau dari penggunaan waktu, tenaga, efektivitas, dan efisiensi kerja. Salah satunya adalah proses pembuatan alur pada karton yang memakan waktu cukup lama yang mengakibatkan pekerja merasa cepat lelah, sehingga tidak ada peningkatan jumlah produksi.
Pembuatan alur pada karton ini sangat penting agar lembaran karton dapat dengan mudah ditekuk untuk dijadikan kotak sebagai wadah barang, misalnya: kotak sepatu, kotak kue atau makanan, kotak minuman, dan
kemasan makanan, dan sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan suatu fasilitas kerja yang mampu meningkatkan
produktivitas yaitu suatu alat yang dapat membuat alur pada karton secara kontinyu yang dirancang berdasarkan prinsip-prinsip ergonomi.
Untuk dapat menentukan desain fasilitas kerja yang benar agar sesuai dengan kebutuhan pekerja pembuat alur pada karton, maka diperlukan kriteria penilaian antara lain: analisis torsi dan antropometri.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat yang baru yang dirancang berdasarkan prinsip ergonomi tersebut terdapat penurunan waktu standar dari 142,8 menit/100 lembar menjadi 37,8 menit/100 lembar, dan kenaikan jumlah produksi hingga 276% yaitu dari 42 lembar/jam menjadi 158 lembar/jam dibandingkan dengan cara manual.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v9i2.1419