Alat Pemantau Aliran Listrik Melalui Koneksi Wireless dengan Informasi Menggunakan SMS

Rosida Crisna Wardani, Andrew Joewono

Abstract


Dalam perencanaan instalasi listrik di gedung maupun di pabrik yang membutuhkan banyak jalur untuk masing-masing blok, maka akan dibutuhkan sebuah panel pengendali yang berfungsi untuk mengendalikan keadaan jika suatu saat terjadi gangguan yang diakibatkan oleh korsleting (hubungan pendek), tidak adanya arus listrik yang mengalir, atau beban yang berlebih. Jika terjadi beban yang berlebih, maka Mini Circuit Breaker (MCB) yang ada di dalam panel pengendali tersebut akan “mengetrip”, sehingga listrik padam untuk
sesaat.
Akan tetapi panel pengendali tersebut masih kurang efisien dalam hal penyampaian informasi, sehingga pengawas tidak tahu kenapa listrik tiba-tiba padam. Pada penelitian ini akan dibahas tentang pembuatan Alat Pemantau Aliran Listrik melalui Koneksi Wireless dengan Informasi Menggunakan Short Message Service (SMS). Oleh karena alat ini juga mempunyai fasilitas yang memanfaatkan kecanggihan sebuah SMS, maka diharapkan pengawas nantinya mendapatkan informasi dengan cepat jika terjadi gangguan pada instalasi listrik.
Alat ini mampu mendeteksi arus listrik yang mengalir dengan menggunakan Current Transformer (CT), sehingga dapat memberi masukan pada mikrokontroler. Kemudian mikrokontroler tersebut memberi keluaran yang nantinya akan dihubungkan ke modul GSM sebagai pengirim informasi serta displai LED sebagai indikatornya. Dan mikrokontroler tersebut akan mengontrol modul GSM pada rangkaian untuk mengirim pesan informasi berupa SMS pada pengguna atau pengawas.

Save to Mendeley


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33508/wt.v12i1.1441